Belum Merata, Warga RW 01 Pulau Kelapa Tuntut Dipasangkan Jakwifi

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi (google image)

Warga RW 01 Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara menuntut dipasangkan fasilitas internet gratis (Jakwifi). Pasalnya, selain di wilayah RW 01, RW lainnya di pulau tersebut telah dipasangkan program prioritas Pemprov DKI Jakarta itu.

“Sebelumnya kami sangat menyambut baik program Jakwifi, akan tetapi kami nilai program itu belum merata karena di wilayah kami tidak mendapat satu titik pun,” sesal Damansyah, Anggota Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) Pulau Kelapa, Minggu (29/11).

Bacaan Lainnya

loading...

Menurut dia, selain di wilayah RW 01 Pulau Kelapa, Jakwifi telah terpasang di RW lainnya bahkan ada yang sampai dua titik. Padahal, kebutuhan jaringan internet bagi RW 01 juga tinggi mengingat di masa pandemi Covid-19 ini siswa sekolah masih menjalankan pembelajaran melalui online.

“Di sini bukan hutan (RW 01 Pulau Kelapa), di sini juga banyak warganya yang juga ada anak sekolah SD, mereka juga membutuhkan internet. Sangat miris, dan harus diperhatikan dan harus merata pemasangannya,” tutur Damansyah.

Lebih jauh Daman mengisahkan, permasalahan terkait Jakwifi bermula dari keluhan warga RW 01 yang anaknya dilarang oleh warga RW lainnya saat hendak memanfaatkan fasilitas Jakwifi. Keluhan itu disampaikan kepada pihak LMK agar segera disampaikan ke pihak terkait.

“Kami mohon kepada Dinas Kominfotik DKI Jakarta agar memperhatikan masalah ini, karena program Jakwifi dilaksanakan untuk semua warga Jakarta dan kami pastikan bahwa warga RW 01 Pulau Kelapa adalah warga Jakarta,” tegasnya.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu, Setiadi Purnomo menyebutkan bahwa Jakwifi dipasang oleh Diskominfotik, sesuai Pergub 90 Th 2018 tentang Penataan Kawasan Terpadu.

Menurut dia, Terkait jumlah titik yang dipasang, tentunya sudah sesuai daftar yang ada pada Pergub tersebut melalui koordinasi Biro Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.

“Kami sudah koordinasi dan sampaikan ke Diskominfotik DKI Jakarta terkait usulan tersebut, karena ini yang dilayani se wilayah DKI Jakarta,bukan hanya Pulau Seribu saja, jadi perlu waktu dan kami mohon bersabar,” jelas Setiadi.

Pos terkait