Mantap! Kementan RI Dukung KNPI Bangun Rumah Hidroponik di Pulau Seribu

  • Whatsapp
Foto : Tim Surveyor dari Kementrian Pertanian RI ditemani KNPI Kepulauan Seribu meninjau lokasi rencana pembangunan Green House Hidroponik di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara pada Kamis 22 Oktober 2020.

Minimnya ketersediaan lahan dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sayuran segar bagi masyarakat Kepulauan Seribu, menginisiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Seribu untuk membangun Green House Hidroponik (Rumah Hidroponik).

Pembangunan Rumah Hidroponik itu didukung penuh oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) dengan menerjunkan tim surveyor ke lokasi pembangunan di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara pada Kamis (22/10) kemarin.

Bacaan Lainnya

loading...

Ketua KNPI Kepulauan Seribu, Lukman Hadi mengatakan, perencanaan pembangunan Green House Hidroponik yang berlokasi di Pulau Kelapa tinggal menunggu izin resmi pinjam pakai lahan urugan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta selaku kuasa lahan yang menjadi lokasi pembangunan.

“Tim dari Kementan RI telah melakukan survei ke lokasi dan saat ini proses pembangunan tinggal menunggu izin resmi pinjam pakai lahan dari Dishub DKI,” kata Lukman melalui keterangan tertulis, Jumat (23/10).

Disampaikan Lukman, selain sebagai tempat implementasi program urban farming yang sedang digalakkan Pemprov DKI Jakarta sesuai dengan Intruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2018, Rumah Hidroponik ini juga diproyeksikan sebagai pusat edukasi bagi masyarakat tentang program tersebut.

“Target besarnya, kita ingin masyarakat dan atau para pemuda baik unsur pelajar maupun umum lebih mengenal metode urban farming serta membantu ketahanan pangan masyarakat khususnya kebutuhan nutrisi dari sayuran segar,” tuturnya.

Lebih jauh, Lukman menyatakan, program Green House Hidroponik ini dapat menjadi triger bagi masyarakat Kepulauan Seribu dalam upaya pemanfaatan lahan terbatas untuk kegiatan pertanian sederhana.

“Dampak ekonomi yang dihasilkan itu sudah pasti, namun yang terpenting program ini akan merubah wajah wilayah Kepulauan Seribu akan menjadi lebih hijau dan sehat,” pungkasnya.

Pos terkait