Sudin LH Pulau Seribu Terus Kembangkan Budidaya Rumah Maggot

  • Whatsapp
Foto : Budidaya Maggot di Pulau Tidung. (Dok. Kominfotik Kep. Seribu)

BPSID, Pulau Tidung – Kepala Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Djoko Rianto, mengatakan pengembangan biokonversi maggot yang dibina Suku Dinas Lingkungan Hidup terus dikembangkan dan mulai membuahkan hasil.

“Saat ini, dari kedua lokasi di Pulau Tidung telah¬† menghasilkan 4.5 kg larva dewasa yang dialokasikan ke rumah maggot lainnya untuk dijadikan bibit,” kata Djoko di Pulau Tidung, kemarin.

Bacaan Lainnya

loading...

Menurut dia, rumah maggot di tempat penampungan sampah (TPS) sementara Pulau Tidung  dan di rumah pakan kelompok budidaya ikan (Pokdakan) Pulau Tidung yang dikelola oleh karang taruna Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, telah beroperasi dengan baik.

Djoko menjelaskan, larva dewasa hasil pengembangbiakan di dua rumah maggot tersebut dijadikan indukan bagi rumah maggot di Pulau Kelapa sebanyak 1 kg, rumah maggot Pulau Kelapa Dua sebanyak 1 kg, rumah maggot Pulau Harapan sebanyak 1 kg dan rumah maggot di Pulau Sebira sebanyak 1 kg.

“Dengan semakin banyak lagi rumah maggot, target kita bisa mereduksi sampah sebanyak 150-1000 kg per bulan per kelurahan,” jelasnya.

Djoko berharap, setiap kelurahan bisa menyediakan lahan untuk pengembangan biokonversi maggot, karena dinilai efektif mengurangi sampah organik dan juga bernilai ekonomi untuk ketersediaan pakan ikan budidaya.

“Kami akan membantu, warga hanya menyiapkan lahannya, kita akan kirimkan petugas untuk pelatihan dan pembinaannya,” tandasnya. (Gus/bps)

Pos terkait