Motor Hantam Tiang Listrik, Satu Anak Tak Sadarkan Diri

  • Whatsapp
Foto : Kondisi jalan yang sempit di Pulau Kelapa sangat rawan kecelakaan sepeda motor. Apalagi saat ini banyak anak usia sekolah dasar yang sudah berani mengendari sepeda motor di pulau tersebut. (Dok. Ilustrasi/AF/BPS)

Kecelakaan sepeda motor melibatkan anak usia dini rawan terjadi di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara. 

Seperti peristiwa yang belum lama ini terjadi di pulau tersebut, satu anak terpaksa mendapat perawatan medis karena tak sadarkan diri, setelah sepeda motor yang dikendarai bersama dua temannya menabrak tiang listrik.

Bacaan Lainnya

loading...

“Kami sangat prihatin dengan kondisi ini, sebaiknya ada kesadaran dari tiap orang tua agar melarang anaknya yang belum cukup usia mengendarai sepeda motor,” ungkap Samsul Bahri, seorang Tenaga Pendidik di Pulau Kelapa, Jumat (18/9).

Selain itu, Samsul mengaku akan mendukung pihak berwenang bila bertindak tegas terhadap anak-anak usia sekolah dasar mengendari sepeda motor apalagi sampai membonceng sampai tiga anak.

“Memang harus ditindak tegas agar menjadi pembajaran bagi mereka dan juga ini harus diketahui orang tuanya,” tutur Samsul.

Camat Kepulauan Seribu Utara Ismail, juga mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Untuk itu, dia memastikan akan mengambil sikap tegas dengan meminta pihak terkait  seperti kepolisian dan Satpol PP melakukan  penertiban kepada anak-anak yang kedapatan mengendarai sepeda motor.

“Sudah saya minta kepada kepolisian dan satpol PP bahkan perangkat pemerintah lainnya agar melakukan tindakan peneguran kepada anak-anak yang mengedari sepeda motor,” jelas Ismail.

Bahkan, kata dia, telah beberapa kali pihaknya melakukan penertiban dengan menahan sepeda motor dan meminta orang tua dari si anak untuk datang menyelesaikan masalah itu.

“Ini kembali lagi peran orang tua, bila terus berulang bisa saja pelarangan anak mengendarai  sepeda motor menjadi program khusus, apalagi di saat masa pandemi ini, banyak dari anak-anak itu tidak menggunakan masker,” tegas Camat.

Disamping melanggar ketentuan, mengendarai sepeda motor pada usia anak juga rawan akan terjadinya kecelakaan. Karena, secara psikologis usia anak belum dapat mengatisipasi bahaya yang akan terjadi.

“Apalagi kondisi jalanan di Pulau Kelapa yang sempit sangat berisiko tinggi kecelakaan, bila pengendara bersikap ugal-ugalan, dan itu sering dilakukan oleh anak-anak saat naik sepeda motor,”  tandas Ismail.

Pos terkait