Tabrak Karang, Kapal Angkut Barang Karam di Perairan Barat Pulau Kelapa

  • Whatsapp
Foto : Lantaran menabrak karang, Kapal angkutan barang tradisional KM Nabila rute Pulau Kelapa – Pelabuhan Kronjo, Tangerang, karam di sekitar perairan barat Pulau Kelapa, Senin (14/9) sore. (Dok. Gulkarmat)

Lantaran menabrak karang, Kapal angkutan barang tradisional KM Nabila rute Pulau Kelapa – Pelabuhan Kronjo, Tangerang, karam di sekitar perairan barat Pulau Kelapa, Senin (14/9) sore.

“Selain menabrak karang, kami juga menduga KM Nabila saat peristiwa terjadi mengangkut barang melebihi muatan,” kata Buang Miharja, Kepala Sektor 7 Kepulauan Seribu Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Selasa (15/9).

Bacaan Lainnya

loading...

Disampaikan Buang, KM Nabila berangkat dari Pelabuhan Kronjo menuju Pulau Kelapa, lalu di sekitar bagian barat perairan Pulau Kelapa, kapal menabrak batu karang, sehingga lambung kapal bocor dan tidak lama kemudian karam.

“Peristiwa sekitar pukul 13.30 WIB, dan personil kami tiba di lokasi untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi pukul 14.05 WIB dengan mengerahkan 5 personil dan 1 unit fire sepeda dan alat pompa apung,” sebut Buang.

Ditambahkan Buang, saat kejadian KM Nabila juga membawa 12 penumpang serta barang kebutuhan pokok warga. Proses penyelamatan juga dibantu oleh kapal-kapal warga setempat.

“Tidak ada korban jiwa dan kerugian ditaksir sekitar Rp 20 juta. Kita berharap peristiwa ini menjadi pembelajaran agar kapal-kapal angkut barang atau penumpang untuk tidak mengangkut barang melebihi kapasitas muatan,” tandasnya.

Pos terkait