JakWifi Belum Merata di Pulau Seribu, Kominfotik : On Proses

  • Whatsapp
Foto : Kepala Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu Setiadi Pramono (Dok. beritajakarta.id/istimewah)

Program Internet Untuk Semua atau JakWifi yang belum lama ini di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Panggang ternyata belum merata di sejumlah pulau penduduk di Kepulauan Seribu.

Program wifi gratis itu baru terpasang di tiga titik, yakni di Kantor Bupati Kepulauan Seribu dan RSUD Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, serta di Kantor Lurah Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

On proses, dalam waktu dekat akan juga dipasang di sejumlah titik di pulau-pulau penduduk di Kepulauan Seribu,” ungkap Kepala Sudin Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kepulauan Seribu, Setiadi Pramono, Senin (7/9)

Dikatakan Setiadi, pemasangan JakWifi mengacu pada Pergub Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu.

“Yang jadi prioritas lokasi pemasangan JakWifi di wilayah RW yang padat penduduk agar program tersebut langsung dimanfaatkan masyarakat,” jelas Setiadi.

Sementara ini, sambung dia, keberadaan JakWifi di Pulau Panggang masih menggunakan fasilitas internet yang sebelumnya telah tersedia, yakni fasilitas pendukung aktivitas kerja pemerintahan di Kepulauan Seribu.

“Masih di gedung-gedung pemerintah seperti gedung kecamatan dan kelurahan, kita perluas pancaran sinyalnya agar dapat dimanfaatkan khususnya untuk aktivitas pembelajaran jarak jauh,” tutur Setiadi.

Disebutkan Setiadi, JakWifi adalah program Dinas Kominfotik DKI Jakarta dan tiap wilayah kota dan kabupaten mengusulkan titik yang akan dipasang fasilitas internet gratis itu.

“Ada tiga basic pembiayaan program ini, yakni dari CSR perusahaan, kolaborasi, dan menggunakan APBD. Sementara untuk di pulau masih menggunakan APBD. Kita juga berharap program JakWifi segera terwujud dan merata di Kepulauan Seribu,” tuntasnya.