Ambruk, Nelayan Keluhkan Kondisi Dermaga Utama Pulau Lancang

  • Whatsapp
Foto : Dermaga Utama Pulau Lancang Ambruk. (Istimewah)

Sejumlah nelayan Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan mengeluhkan kondisi dermaga utama pulau tersebut. Pasalnya, kondisi dermaga itu kini sangat memprihatinkan, bahkan beberapa waktu lalu sisi depan dermaga ambruk.

“Sangat memprihatinkan, kini sudah ambruk dan sekarang kapal-kapal nelayan tidak dapat bersandar karena khawatir tertimpah bagian beton dermaga,” ungkap Alwani (41), seorang nelayan Pulau Lancang, Selasa (18/8).

Bacaan Lainnya
loading...

Menurut Alwani, sejak dibangun puluhan tahun lalu hingga kini belum pernah diperbaiki sehingga kondisinya kini rapuh dan rawan ambruk. Adapun terakhir direhab hanya bagian trestel dengan penambahan kanopi.

“Hanya dibangunkan kanopi, sementara bagian dermaga belum pernah direhab, buktinya kemarin ambruk sebagian dan mungkin tidak lama lagi semua bagian dermaga akan ambruk,” tutur warga RT 001/01 Kelurahan Pula Pari ini.

Sementara, Lurah Pulau Pari Mahtum, mengutarakan bahwa ambruk-nya dermaga tersebut sangat mengganggu aktivitas nelayan. Pasalnya, dermaga itu selama ini menjadi pusat aktivitas perekonomian nelayan di Pulau Lancang.

“Saya sudah laporkan ke tingkat kabupaten, keberadaan dermaga itu sangat dibutuhkan masyarakat khususnya nelayan,” tutur Mahtum.

Disampaikannya, para nelayan dan warga sangat berharap agar dermaga itu secepatnya di perbaiki, karena keberadaannya sangat dibutuhkan. Apalagi, dermaga itu juga sering digunakan untuk sandar kapal penumpang.

“Intinya sangat dibutuhkan, kita semua sangat berharap segera ada perbaikan dari pihak terkait,” ucap lurah.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Bupati Kepulauan Seribu Iwan P Samosir mengaku telah menindaklanjuti laporan warga dan nelayan Pulau Lancang terkait kondisi dermaga tersebut kepada Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) 1 Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“Sudah kita tindaklanjuti laporan tersebut ke unit terkait,” tegas Iwan.

Pos terkait