Asik! Pulau Seribu Kembangkan Spot Wisata Selam Clown Fish Garden

  • Whatsapp
Ikan badut atau Clown Fish dikembangkan di Kepulauan Seribu. (Foto : Google Image)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP), melepas 200 ekor bibit ikan badut (clown fish) di perairan area perlindungan laut (APL) Pulau Pramuka.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, restoking bibit ikan badut ini sebagai upaya pelestarian ekosistem dan membuat lokasi menyelam wisatawan ini menjadi lebih bagus dan sebagai taman ikan badut.

“Harapannya ikan badut semakin lestari dan meningkatkan daya tarik bagi wisatawan dengan aneka ragam ekosistem laut,” ucapnya, Rabu (11/3).

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidia menjelaskan, ikan yang dilepas tersebut merupakan hasil budidaya yang dilakukan pihaknya di Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

“Sebanyak 200 ekor bibit ikan badut kita lepas di karang lembut (soft coral) Pulau Pramuka, target kita tiga ribu ikan nemo pada tahun ini,” ungkapnya.

Dijelaskan Devi, APL merupakan area tempat berbagai habitat yang dilindungi dan dikelola kelompok masyarakat melalui sistem zonasi di Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

“Ikan dilepas di area karang oleh penyelam profesional langsung di lokasi tempat berkembangbiaknya ikan nemo,” tandasnya.