Top! 99 Persen Warga Pulau Seribu Lengkap Administratif

  • Whatsapp
Sekitar 99 persen dari sekitar 28 ribu jiwa penduduk di Kabupaten Kepulauan Seribu dinyatakan telah melengkapi administrasi kependudukan. (foto : Dukcapil Kep. Seribu)

Sekitar 99 persen dari sekitar 28 ribu jiwa penduduk di Kabupaten Kepulauan Seribu dinyatakan telah melengkapi administrasi kependudukan.

“Dari 8.395 warga yang sudah lengkap administrasi kependudukannya mencapai 99 persen,” ujar Plt. Kepala Suku Dinas Dukcapil Kepulauan Seribu, Sapto Wibowo, Selasa (10/3).

Bacaan Lainnya
loading...

Dia mengatakan, administrasi kependudukan yang meliputi Kartu Keluarga (KK), KTP-elektronik, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) penting dimiliki untuk perlindungan status hak sipil, memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum.

Dijelaskannya, dari 8.395 warga tersebut yang sudah mengurus atau mencetak Kartu Keluarga (KK) sebanyak 8.322 . Untuk KTP-elektronik dari 20.320 warga wajib KTP yang sudah tercetak atau memiliki sebanyak 19.981 orang atau 98,33 persen.

Sementara untuk Akta Kelahiran usia 0-18 tahun sebanyak 10.096 lembar atau 99,37 persen dan untuk Kartu Identitas Anak (KIA) sudah tercetak sebanyak 8.950 KIA atau 98,01 persen.

“Kekurangannya kita targetkan akhir Maret ini selesai,” ucapnya.

Guna memenuhi target tersebut, lanjut Sapto, pihaknya meminta kelurahan melalui pengurus wilayah RT/RW untuk mengimbau warganya agar segera mengurus administrasi kependudukan.

Selain itu, kata Sapto, pihaknya akan melakukan upaya jemput bola bagi warga yang tidak mampu hadir ke kantor kelurahan karena sakit, maupun melalui layanan langsung di pulau-pulau permukiman.

“Untuk percepatan KTP-el bagi usia pemula, akan dilakukan pelayanan di sekolah,” tandasnya.

Pos terkait