Semangat Cegah Corona, di Pulau Pari Tak Ada Thermogun, Termometer Pun Jadi

  • Whatsapp

Semangat petugas dari instansi kesehatan mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kepulauan Seribu layak diapresiasi. 

Kendati bermodalkan alat seadanya, mereka tetap memeriksa suhu tubuh warga dan wisatawan yang baru turun dari kapal penumpang.

Bacaan Lainnya

loading...

Seperti pantauan kontributor beritapulauseribu.id di Pulau Pari, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan pagi ini, Sabtu (7/3).

Petugas menggunakan alat pengukur suhu tubuh jenis termometer bukannya menggunakan thermogun seperti lazim digunakan di tempat lain.

“Sementara kami gunakan alat yang ada, karena thermogun belum dikirim,” jawab petugas pemeriksa suhu tubuh dari Puskesmas Pulau Pari.

Sambutan minor disampaikan sejumlah pengunjung wisata Pulau Pari. Pasalnya, pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat termometer di ruang terbuka dianggap kurang nyaman.

“Bagaimana ya, tadi kurang nyaman aja. Kalau pakai thermogun, kita sih it’s oke,” ucap Deviana salah seorang wisatawan Pulau Pari asal Pondok Indah, Jakarta Selatan.

“Teman lain pun sama bertanya-tanya, kenapa pakai termometer,” imbuhnya.

Pemeriksaan suhu tubuh penumpang kapal di dermaga Pulau Kelapa menggunakan alat thermogun. Pemeriksaan dipantau langsung oleh Lurah Pulau Kelapa Madi M Dali, Sabtu (7/3). (Foto : Sabeni)

Kondisi berbeda dilakukan di wilayah Kepulauan Seribu Utara, petugas dengan alat standar melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada semua penumpang kapal di dermaga.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Sigit Mustika mengatakan, petugas di dermaga Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan menggunakan alat standar untuk memeriksa suhu tubuh penumpang.

Bahkan, selain memeriksa suhu tubuh warga dan wisatawan yang baru tiba, petugas lainnya memberikan cairan hand sanitizer serta melakukan sosialisasi waspada virus corona.

“Di Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa kita tempat 4 petugas, sedangkan Pulau Harapan dua kali lipatnya, karena lebih banyak pengunjung wisata yang datang,” jelasnya.

Seperti diberitakan beritapulauseribu.id sebelumnya, warga dan wisatawan dari pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Rawasaban dan Tanjung Pasir, Tangerang akan melewati pemeriksaan suhu tubuh sesampai di dermaga pulau tujuan

Sedangkan bagi mereka yang menggunakan kapal reguler cepat dari dermaga Marina Ancol melewati pemeriksaan sebelum menaiki kapal di dermaga tersebut.

“Kecuali penumpang kapal reguler cepat dari Ancol, penumpang dari Kali Adem Rawasaban, dan Tanjung Pasir akan diperiksa suhu tubuh di dermaga pulau tujuan ,” ungkap Kasudin Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendy.

Pos terkait