Waspada Corona, Herwin : Pemeriksaan Suhu Tubuh Wisatawan Dilakukan di Dermaga Pulau Tujuan

  • Whatsapp
Untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) di wilayah Kepulauan Seribu, pihaknya akan secara kontinu melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi warga dan pengunjung wisata. (Foto : Furqon)

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu Herwin Meifendy mengatakan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) di wilayah Kepulauan Seribu, pihaknya akan secara kontinu melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi warga dan pengunjung wisata.

Dia menyebutkan, selain di Pelabuhan Marina Ancol, Jakarta Utara warga dan wisatawan yang menuju Kepulauan Seribu akan melewati pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun di setiap dermaga utama pulau yang dituju.

Bacaan Lainnya

loading...

“Seperti penumpang dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Pelabuhan Rawasaban, dan Tanjung pasir, Tangerang akan diperiksa setelah sampai di dermaga pulau yang dituju,” sebut Herwin.

Hal itu, menurut Herwin, merupakan arahan yang disampaikan Bupati Kepulauan Seribu, sehingga para aparatur kecamatan dan kelurahan serta Satpol PP diminta membantu petugas medis saat melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“Kecuali penumpang kapal reguler cepat dari Ancol, penumpang yang turun dari kapal di Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, serta Pulau Harapan akan diperiksa suhu tubuhnya,” jelasnya.

Sementara bagi pengunjung wisata dari mancanegara, Herwin menambahkan, akan dilakukan standar prosedur bila mana ditemukan wisatawan tersebut dalam kondisi panas tinggi.

“Kita akan lakukan interview riwayat perjalanannya, lalu dibawa ke RSUD Kepulauan Seribu untuk lebih lanjut diberikan rujukan. Namun, bila tidak ada riwayat ke luar negeri yang bersangkutan dianjurkan beristirahat di rumah masing-masing,” paparnya.

Pos terkait