Kunjungan Wisata Pulau Harapan Turun, Pokdarwis: Ini Fakta, Biarkan Pulau Lain Klaim Tidak Terdampak

  • Whatsapp
Pembagian masker bagi wisatawan yang berlibur di Pulau Harapan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bintang Harapan Kelurahan Pulau Harapan di Pelabuhan pada Sabtu 29 Februari 2020. (Foto : Pokdarwis Bintang Harapan)

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bintang Harapan Kelurahan Pulau Harapan Junaedi menyebutkan bahwa aktivitas observasi corona di Pulau Sebaru menyebabkan kunjungan wisatawan di Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara menurunan.

“Ini fakta, wisatawan yang berkunjung ke Pulau Harapan menurun. Biarkan saja pulau lain mengklaim tidak terdampak. Pulau Harapan drastis,” tegas Junaedi kepada beritapulauseribu.id, Selasa (3/3).

Bacaan Lainnya

loading...

Pada kahir pekan lalu, Junaedi menyampaikan, sudah ada pembatalan oleh 145 calon wisatawan kepada lima penyedia jasa perjalanan wisata (travel) di Pulau Harapan.

“Bahkan sejak dua hari ini para travel lokal mengaku calon wisatawannya selalu menanyakan soal keamanan terkait virus corona,” ucapnya.

Pun informasi yang diterima dari jasa travel di daratan Jakarta, Junaedi mengatakan, pemesanan yang akan berlibur ke Pulau Harapan sangat sedikit, itu berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

“Jangankan kita, sekelas Bali aja turun. Apalagi Kepulauan Seribu menjadi lokasi observasi corona, makin parah turunnya,” sungut Junaedi.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad saat berbincang dengan beritapulauseribu.id di ruang kerjanya di Gedung Mitra Praja, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3) kemarin meminta situasi ini harus disikapi dengan bijak.

Dia tidak menafikkan bahwa masalah virus corona ini akan berdampak pada sejumlah aspek di Kepulauan Seribu termasuk sektor pariwisata.

“Kita realistis saja, sebagai umat beragama kita harus meyakini bersama kesulitan pasti akan ada kemudahan. Kita harus tetap optimis dapat melalui ini dengan baik,” tuturnya.

Terpenting, tambahnya, warga fokus dulu dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya virus corona. Warga harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang disampaikan instansi terkait.

“Kita tingkatkan kewaspadaan dan melakukan anjuran untuk mencegah tertular virus. Membiasakan cuci tangan, tingkatkan kebersihan lingkungan, dan jangan merokok,” ajaknya.

Pos terkait