Terkait Observasi Corona, Ini Pernyataan Sikap H. Muhammad Idris

  • Whatsapp
Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Nasdem H. Muhammad Idris yang juga merupakan putra asli Kepulauan Seribu meminta dengan sangat agar masyarakat Kepulauan Seribu tetap bersabar dan istiqomah. (Foto : Istimewah)

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Nasdem H. Muhammad Idris yang juga merupakan putra asli Kepulauan Seribu meminta dengan sangat agar masyarakat Kepulauan Seribu tetap bersabar dan istiqomah menerima keputusan yang ditetapkan Negara Republik Indonesia terkait dengan aktivitas observasi terhadap 188 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kapal World Dream di Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu.

Sejatinya, kepada beritapulauseribu.id, Jumat (28/2), Muhammad Idris mengungkapkan rasa prihatin dan  memiliki kegelisahan yang sama dengan kebanyakan masyarakat Kepulauan Seribu terkait dengan masalah tersebut.

Bacaan Lainnya

loading...

Namun, demi kepentingan yang lebih besar dan hal ini juga menyangkut harkat dan martabat Bangsa Indonesia di mata dunia internasional, dengan kesadaran, dia menyatakan sikap seperti tertera dibawah ini.

Berikut Pernyataan Sikap H. Muhammad Idris selaku Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Nasdem yang diterima redaksi beritapulauseribu.id melalui lansiran pesan eleteonik, Jumat 28 Februari 2020.

 

PERNYATAAN SIKAP 

ANGGOTA DPRD DKI JAKARTA

FRAKSI PARTAI NASDEM

MUHAMMAD IDRIS 

Terkait upaya pemerintah pusat untuk mengobservasi atau memindahkan sebanyak 188  Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Kapal World Dream ke Pulau Sebaru Kecil.

Dan dengan mempertimbangkan Kita adalah satu dalam Kesatuan Negara Republik Indonesia, terkait dengan aktivitas dalam pengambilan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, kita sebagai warga negara diwajibkan menerima dan menjalankan. Sebab, segala bentuk keputusan yang ditetapkan tentunya telah ditelaah dengan pertimbangan  matang. 

Keputusan itu pasti telah memperhatikan beberapa hal, seperti Prinsip Kemanusiaan, kehati-hatian, dan atas dasar pertimbangan yang matang

Saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta dan juga Putra Pulau Seribu kepada masyarakat Kepulauan Seribu untuk selalu mengedepankan jiwa Humanity dengan tetap memberikan pertimbangan dari sejumlah aspek, seperti Aspek Sosial, Ekonomi, dan Budaya untuk Kepulauan Seribu yang itu menjadi skala prioritas dalam penanganan kegiatan Observasi.

Perlu saya tegaskan kembali, ada beberapa syarat yang harus diketahui bersama dan wajib dipenuhi oleh pemerintah pusat dan juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu:

  1. Memberikan Kepastian bahwa 188 ABK World Dream tersebut adalah benar-benar orang yang sehat atau tidak sakit seperti yang telah diterbitkannya Sertifikat NEGATIVE TERJANGKIT/ SAH DINYATAKAN SEHAT oleh Pemerintah Hongkong terhadap 188 WNI ABK tersebut.
  2. Kami akan memanggil dinas terkait untuk meminta melakukan tindakan PREVENTIF dalam bentuk Sosialisasi berdasarkan Standar Operasional Prosedur yang berlaku Internasional dalam menjaga kondisi masyarakat di Kepulauan Seribu.
  3. Meminta kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan SKPD Provinsi DKI Jakarta untuk menyakinkan masyarakat Jakarta berupa advokasi dan sosialisasi pada umumnya dan masyarakat di Kepulauan Seribu pada khususnya bahwa kegiatan observasi tidak membahayakan ataupun menjadi salah satu kegiatan yang bisa mengakibatkan virus corona menjadi wabah yang menular bagi masyarakat sekitar.
  4. Kepala Dinas  Pariwisata wajib melakukan tindakan- tindakan positif yang menyakinkan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu agar kegiatan observasi atas kedatangan 188 ABK world Dream yang dilakukan pemerintah pusat tidak berdampak negatif  terhadap perekonomian di pulau seribu.
  5. Pemerintah pusat harus turun tangan dengan tidak membuat Panik masyarakat Kepulauan Seribu dengan rajin membuat kegiatan sosialisasi terkait virus Corona serta mempublikasikan melalui media massa bahwa kegiatan observasi tidak menimbulkan dampak berbahaya.
  6. Meminta Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menyediakan dan menyebarluaskan alat kesehatan  masker, alat penunjang penanganan terhadap pasien yang mungkin saja akan terpapar virus corona di setiap puskesmas dan Rumah Sakit Daerah yang ada di seluruh wilayah Kepulauan Seribu, serta menghimbau masyarakat agar peka terhadap prosedur kesehatan yang diberikan.

Demikian Pernyataan Sikap ini.

TTD

Muhammad Idris

Anggota DPRD DKI Jakarta 

Fraksi Partai Nasdem

Pos terkait