Ada Apa di Pulau Sebaru Kecil?, Ini Lansiran TNKpS

  • Whatsapp

Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu sepekan belakangan ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan, pamornya meningkat tajam percis yang pernah dialami Kepulauan Natuna beberapa waktu lalu.

Ya, Pulau Sebaru Kecil saat ini telah menjadi pusat perhatian setelah ditetapkan sebagai lokasi observasi bagi 188 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kapal Pesiar World Dream yang masih terkait dengan problematika dunia yang tak lain adalah virus corona.

Bacaan Lainnya

loading...

Lalu, bagaimana dan ada apa di pulau yang sebelumnya sempat terkenal sebagai lokasi rehabilitasi berskala internasional ini. 

Berikut keterangan dari Wira Saut Perianto Simanjuntak, Kepala Resor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Pulau Kelapa Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (BTNKpS).

Menurut dia, Pulau Sebaru Kecil terletak di dalam perairan TNKpS yang dikelola dengan sistem zonasi termasuk ke dalam zona pemanfaatan I yang peruntukannya untuk pariwisata.

“Secara administrasi Taman Nasional perairan pulau tersebut terletak pada Resort Konservasi  Wilayah Pulau Hantu (Pantara) Timur,” sebut Wira Saut.

Pemanfaatan daratan Pulau Sebaru Kecil merupakan pulau yang pernah dimanfaatkan sebagai pusat rehabilitasi Narkoba. Sarana prasarana pulau tersebut sangat komplit terutama pusat kesehatan dan akomodasinya. 

“Juga dilengkapi dengan dermaga utama dan sarana perkantoran,” imbuhnya.

Disampaikannya, kondisi hutan pantai di Pulau Sebaru masih utuh terdiri dari Pohon Kayu Angin, Butun, Ketapang, Kelapa dan lainnya.

Bahkan pada 2 Februari 2020 lalu, ditemukan sarang penyu dengan jumlah telur 170 butir dan telah dievakuasi ke Penetasan Semi Alami di Pulau Kelapa Dua. 

“Jadi Pulau Sebaru Kecil merupakan salah satu pulau untuk nesting penyu satwa yang dilindungi,” jelas Wira.

loading...

Pos terkait