KPAI Dorong Pulau Seribu Tingkatkan Perlindungan Anak

  • Whatsapp

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membangun kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan (Pemkab) Kepulauan Seribu dalam pemantauan dan evaluasi perlindungan anak.

Untuk itu, setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan kerja Pemkab Kepulauan Seribu harus terlibat melakukan pengisian (input) aplikasi Sistem Informasi dan Evaluasi Monitoring Pelaporan (SIMEP) Penyelenggaraan Perlindungan Anak (KPAI).

Komisioner KPAI Divisi Monitoring dan Evaluasi, Jasra Putra mengatakan, pihaknya sudah memberikan data kunci pengamanan dan username terkait cara pengisian aplikasi SIMEP KPAI kepada Pemkab Kepulauan Seribu. 

“Input aplikasi SIMEP KPAI dibuka sampai 10 April 2020 mendatang,” ujar Jasra seperti dikutip dari pulauseribu.jakarta.go.id, Kamis (20/2).

Dia menambahkan, ada lima indikator yang akan diukur diantaranya regulasi dan peraturan, kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) di masing-masing instansi terkait perlindungan anak, program dan anggaran, pelayanan kasus yang diadukan ke instansi atau Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) dan sistem peradilan anak. 

“SIMEP ini menjadi landasan bagi KPAI untuk memberikan anugerah kepada pemerintah daerah,” tambahnya.

Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus terlibat melakukan penginputan terkait aplikasi SIMEP KPAI.

“Kita berharap pengisian lima indikator yang sudah di tetapkan KPAI harus segera dilakukan,” tegas Eric.