Tindak Tegas, Alat Tangkap Nelayan Cantrang Dimusnahkan

  • Whatsapp
Foto : Tindakan tegas diambil oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu terhadap delapan nelayan cantrang yang berhasil ditertibkan. (Dok. KPKP Kep. Seribu)

Tindakan tegas diambil oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu terhadap delapan nelayan cantrang yang berhasil ditertibkan. Baca : Merusak Karang, 8 Kapal Nelayan Cantrang Diamankan Petugas

Selain dilakukan pembinaan, alat tangkap nelayan yang dilarang tersebut disita untuk selanjutnya dimusnahkan.

Bacaan Lainnya

loading...

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu Devi Lidya mengatakan, hasil monitoring didapati empat kapal nelayan yang menggunakan alat tangkap jaring cantrang dan telah dibuat BAP serta membuat pernyataan tidak akan melakukan lagi.

“Alat tangkap jaring cantrang mereka telah dibawa untuk dimusnahkan. Sementara empat sisanya dikenakan sanksi administratif dengan penarikan dokumen operasi kapal,” tegas Devi kepada beritapulau, Rabu (19/2).

Disebutkan Devi, salah satu Tupoksi Sudin KPKP Kepulauan Seribu adalah melakukan monitoring sumber saya kelautan dan perikanan dengan melakukan pembinaan terhadap kepatuhan nelayan tentang penggunaan alat tangkap yang dilarang.

Hal itu sesuai dengan Permen Kementerian Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Pukat Hela (trawls) dan Pukat Tarik (seine nets) di Wilayah Perairan Indonesia.

“Tujuannya agar sumber daya Perikanan tidak rusak sehingga dapat lestari dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan,” paparnya.

Pada monitoring yang dilaksanakan 18-19 Februari 2020, kasudin menyatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan Dinas KPKP DKI Jakarta, Satpol PP Kepulauan Seribu, Polres Kepulauan Seribu dan Koramil 04 Kepulauan Seribu.

“Monitoring dilakukan atas dasar informasi masyarakat terkait maraknya penggunaan alat tangkap tak ramah lingkungan di wilayah perairan teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu,” tuntasnya.

loading...

Pos terkait