Simulasi, Tabung Gas Bocor Nyaris Bakar Rumah Warga di Pulau Panggang

  • Whatsapp

Peristiwa mengejutkan terjadi salah satu rumah warga di RT 005/01 Kelurahan Pulau Panggang. Diduga alami kebocoran tabung melon menyemburkan api dan nyaris membakar rumah.

Beruntung, pemilik rumah berlaku sigap dan segera memadamkan api dengan cara membungkus tabung dengan kain basah. 

Bacaan Lainnya

loading...

Pemadaman kebakaran ini merupakan salah satu simulasi penanganan kebakaran yang diperagakan warga saat mengikuti sosialisasi bahaya kebakaran yang dilaksanakan Sektor 7 KSU Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Sabtu (15/2).

“Kita lakukan praktik langsung, bagaimana cara menghadapi kebakaran akibat kebocoran pada tabung gas,” ujar D. Riatman, Komandan Peleton¬† (Danton) Grup C Sektor 7 KSU Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Dikatakan Riatman, setelah diberikan teori dan teknik memadamkan api, warga diikutsertakan dalam simulasi penanganan langsung kebakaran.

“Membiasakan warga dengan situasi langsung, kami kira sangat efektif menanggulangi kebakaran,” jelasnya.

Selain praktik langsung, Riatman menambahkan, sekitar 22 warga Pulau Panggang yang didominasi ibu rumah tangga juga diedukasi cara penggunaan alat pemadam api ringan (APAR).

“Mereka sangat tertarik dan bahkan banyak bertanya ingin tahu banyak terkait bahan apa saja yang dapat digunakan untuk memadamkan api,” tuntasnya.

Pos terkait