Fasilitasi UKM, Cakrawala Tidung Bantu Desain Kemasan Produk

  • Whatsapp
Foto : Pelaku UKM Mendapat Bantuan Desain Label Kemasan dari Pokdarwis Cakrawala Tidung, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan. (Dok. Ali Munawar/BPSid)

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cakrawala Tidung berkomitmen penuh untuk mengedukasi dan memfasilitasi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di wilayah Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

Selain menyediakan jasa konsultasi maupun jasa pengemasan produk, Pokdarwis juga melayani jasa pembuatan desain kemasan dengan cuma-cuma atau gratis.

“Kami sangat terbantu, kemasan berlabel yang diberikan membuat dagangan saya lebih menarik,” ujar Sri Suryati, pedagang keripik sukun di Pulau Tidung, Sabtu (8/2).

Sebelumnya, kata dia, kripik sukun yang dijual hanya dikemas dengan plastik polos sehingga kurang menarik pembeli apalagi produknya dijajakan kepada pengunjung wisata.

“Sekarang tamu (pengunjung wisata. red) banyak yang lihat dan beli kripik sukun saya. Sepertinya mereka juga tertarik dengan desain kemasannya,” ucap Sri.

Ketua Pokdarwis Cakrawala Tidung, Munawar mengatakan, pembuatan desain kemasan sengaja dilakukan sebagai upaya mendorong para pelaku UKM agar memberikan label pada setiap produknya.

desain-kemasan-pokdarwis-bps
Foto : Contoh Kemasan yang Telah Didesain Label oleh Pokdarwis Cakrawala Tidung. (Dok. Ali Munawar/BPSid)

Pasalnya, menurut dia, selama ini masih banyak produk makanan khas Pulau Tidung belum mencantumkan label pada kemasan sehingga kurang menarik dan diminati pembeli.

“Kami membuatkan dan memberikan kemasan berlabel secara gratis bagi pelaku UKM. Ini komitmen kami untuk memfasilitasi para pelaku usaha kecil,” ungkap Munawar.

Untuk tahap awal, Ia menuturkan, Pokdarwis membagikan 50 set kemasan dengan desain label sesuai dengan produk yang dijual oleh pedagang makan khas, seperti kripik sukun, stik sukun, dan dodol rumput laut.

“Kita akan terus kembangkan, dan berharap inisitif ini didukung oleh instansi terkait dan atau bantuan dari pihak lain,” harapnya.

Karena, sambungnya, penyediaan kemasan dan alat desain produk UKM ini masih mengandalkan dana kas Pokdarwis ditambah keuangan pribadi para anggotanya.

Kepala Unit Kerja Tekni (UKT) 2 Kepulauan Seribu, Sofyan mengapresiasi kretifitas dan inovasi pengurus Pokdarwis Cakrawala Tidung untuk membantu kegiatan UKM dengan membuatkan desain kemasan.

UKT, kata Sofyan, senantiasa mendukung dan membatu aktivitas masyarakat atau lembaga sosial tertentu yang berdampak positif dan untuk kemajuan Kepulauan Seribu.

“Intinya, kami siap membantu untuk kemajuan masyarakat pulau, apapun bentuknya yang penting bermanfaat,” jelasnya.

  • Whatsapp