Korteks Akui Penerima BPNT di Pulau Seribu Belum Tepat Sasaran

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi. (Dok. Google Image/BPSid)

Seiring dengan tingginya desakan terkait dengan pendataan ulang penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial (Korteks) BPNT Kepulauan Seribu, Kurnadi mengakui bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Kementrian Sosial itu belum tepat sasaran.

Karena itu, Kurnadi memastikan pihaknya akan melakukan pendataan ulang dengan langsung melakukan verifikasi terhadap 1.286 penerima BPNT di Kabupaten Kepulauan Seribu dalam waktu dekat ini.

“Kami pastikan dalam waktu dekat akan dilakukan pendataan ulang, karena kami akui banyak penerima bantuan tidak sesuai dengan kualifikasi,” tegas Kurnadi saat dihubungi beritapulauseribu.id, Jumat (7/2).

Disampaikannya, selama ini penerima BPNT di Kepulauan Seribu sebagian besar masih mengacu pada Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) yang diserahkan oleh pemerintah setempat.

“Pernah kami melakukan pengecekan langsung, seperti di Pulau Untung Jawa dan mendapatkan data baru. Tapi, saat penyerahan malah penerima masih menggunakan data lama,” ungkap Kurnadi.

Diakuinya, sebagai Korteks, dia mengaku kesulitan bila harus melakukan verifikasi KPM seorang diri. Dari itu, dia berharap pihak pemangku kepentingan dari jenjang RT membantu memberikan data penerima yang sesuai dengan sasaran BPNT tersebut ( Baca : Warga Pulau Untung Jawa Pertanyakan Penerima Bantuan Pangan Non Tunai ).

“Yang pasti KPM harus keluarga prasejahtera. Bila ada informasi warga terkait menerima BPNT adalah mereka yang mampu hal itu menjadi dasar kita melakukan pendataan ulang,” tuturnya.

  • Whatsapp