Warga Pulau Untung Jawa Pertanyakan Penerima Bantuan Pangan Non Tunai

  • Whatsapp
Foto : Sejumlah Warga Pulau Untung Jawa Mengambil Bantuan Pangan Tunai pada Kamis 6 Februari 2020. (Dok. Rendy/BPSid)

Warga Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan mempertanyakan kualifikasi bagi penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Pasalnya, penerima bantuan program Kementrian Sosial itu dinilai belum tepat sasaran.

“Kami kira perlu adanya pendataan ulang untuk penerima BPNT, agar tepat sasaran,” ujar Edy Saputra, warga RT 002/03 Kelurahan Pulau Untung Jawa kepada kontributor beritapulauseribu.id, Kamis (6/2).

Menurut dia, dari pengamatan yang dilakukan saat penyerahan bantuan tersebut di salah satu agen (toko) yang ditunjuk, penerima BPNT sebagian besar adalah warga yang tergolong mampu.

“Saya sebagai warga tahu percis siapa saja yang mampu dan yang kurang mampu. Jadi, saya pertanyakan dasar menjadi penerima bantuan itu,” kata Edy.

Jangan sampai, kata Edy, warga yang harusnya mempunyai hak untuk menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) malah gigit jari karena pendataan yang dilakukan tidak sesuai dengan aturan yang ada.

“Wajar dipertanyakan, karena masalah program bantuan sangat sensitif, kadang malah memunculkan konflik horizontal antar warga,” jelasnya.

loading...
  • Whatsapp