Duh, Air Hujan Genangi Halaman Poskes di Pulau Pari

  • Whatsapp
Foto : Halaman Poskes Pulau Pari Tergenang Pascahujan Lebat. (Sumber : Syaiful/ bps)

Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kepulauan Seribu meninggalkan pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Pasalnya, genangan yang terjadi cukup menggangu aktivitas pelayanan masyarakat.

Seperti yang terjadi di Pos Kesehatan (Poskes) Pulau Pari, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan pada hari ini, Selasa (4/2). Setelah hujan redah, halaman Poskes itu tergenang air hujan hingga di atas mata kaki orang dewasa.

Dari informasi yang disampaikan warga setempat kepada redaksi beritapulauseribu.id, genangan itu cukup mengganggu aktivitas pelayanan yang diberikan kepada warga.

“Pihak SDA dan Damkar sudah melakukan penyedotan dan genangan sudah surut,” kata Mujianto (37) warga setempat yang kediamannya tidak jauh dari Poskes.

Sementara, Eko Mahendro, Kepala Sektor 8 Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Suku Dinas Penangglangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu menyebutkan genangan terjadi di wilayah RW 04 Kelurahan Pulau Pari pascahujan.

“Lokasi yang terdapat genangan di RT 02, 03, 04 di Pulau Pari. Saat ini sudah dapat ditangani petugas,” sebutnya.

Lurah Pulau Pari, Mahtum mengaku akan melakukan sejumlah upaya untuk mengurangi debit genangan. Salah satunya dengan membuat sodetan sementara agar air genangan dapat mengalir ke laut.

“Sementara kita buat sodetan air, kedepan kita harus membuat sumur resapan di titik-titik rawan genangan,” jelasnya.