Membahas Pendamping Anies, Warga Pulau Seribu Ingin Wagub yang Peduli Kepulauan

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi

Dua nama yang akan menjadi pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah diterima oleh DPRD DKI Jakarta. Selangkah lagi kekosong wakil gubernur di ibukota negara ini akan terisi dengan figur terbaik yang diharapkan mampu bekerjasama dengan sang gubernur.

Lalu, bagaimana dengan masyarakat nun jauh di gugusan kepulauan Jakarta di Kepulauan Seribu. Meski hanya didiami puluhan ribu jiwa, warga Kepulauan Seribu tentu punya hak sama dengan warga Jakarta lainnya yang tinggal di daratan.

Membahas calon yang sudah ada saat ini, menarik perhatian seorang Wahyu Hidayat, aktivis sekaligus pimpinan di salah satu organisasi kepemudaan di Kepulauan Seribu. 

Foto : Wahyu Hidayat

Mungkin seperti warga lainnya di Kepulauan Seribu, praktisi partai berlambang pohon beringin ini berharap sosok wakil gubernur yang nanti mendampingi Anies Baswedan harus ‘dia’ yang memiliki empati lebih dan secara psikologis peduli dengan kehidupan masyarakat kepulauan.

“Sudah pasti, wagub harus peduli dengan Kepulauan Seribu baik secara psikologis maupun dengan kedekatan emosional dengan kebanyakan masyarakat pulau,” ujar Wahyu kepada beritapulauseribu.id, Jumat (31/1) malam.

Menilik dua figur yang ada, Wahyu secara tersirat menyebutkan figur yang pas adalah sosok pribadi yang berkarakter merangkul dan telah memiliki pengalaman mumpuni di organisasi atau organisatoris. Dia harus memiliki track record membangun dan sebagai motivator bagi orang-orang disekitarnya.

“Saya kira pepatah lama perlu jadi pertimbangan, dimana tak kenal maka tak sayang. Ya, kalo sudah kenal pasti lebih sayang,” canda wahyu seakan ingin menggambarkan  Wakil Gubernur DKI Jakarta adalah sosok yang sudah dikenal dekat dengan masyarakat utamanya masyarakat Jakarta yang tinggal di sebelas pulau pemukiman di Kepulauan Seribu.

Memiliki Track Record Mumpuni 

Memastikan nama yang dimaksud, Wahyu yang juga putra asli Kepulauan Seribu ini dengan mantap menyebut sosok Ahmad Riza Patria atau biasa disapa Ariza. Menurut dia, Ariza memiliki semua hal yang disebutkan sebelumnya.

“Bila memilih, sosok Ariza yang lebih tepat. Kita semua tahu, beliau memiliki track record yang mumpuni dan bahkan dia berulang kali sukses menahkodai sejumlah organisasi, baik berbasis kepemudaan, akademika, dan hingga sukses sebagai pengusaha,” beber Wahyu.

Kemudian, apakah Ariza akan peduli dengan Kepulauan Seribu?. Wahyu yang juga sempat menjadi Ketua KNPI Kabupaten Kepulauan Seribu ini meyakini sosok Ariza akan menjadi pengganti yang sepadan dengan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

“Seratus persen tidak, tapi banyak kesamaannya bila terkait dengan aktivitas diluar ruangan. Dia juga penggila lari, berenang. Bahkan, salah satu hobi yang sering dilakukan adalah mancing. Dia seorang pemancing ulung,” tutur Wahyu. “Kalau sudah suka mancing, ya pasti suka ke pulau dong,” imbuhnya seraya tertawa.

Siapa Ahmad Riza Patria?

Foto : Ahmad Riza Patria

Mengenal sosok bakal Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang diusung Partai Gerindra ini, berikut biografi singkat Ariza yang disadur beritapulauseribu.id dari sejumlah laman media online di Indonesia.

Ariza merupakan politisi dari Gerindra yang lahir di Banjarmasin, 17 Desember 1969. Saat ini, Ia berstatus sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat V. Riza duduk di Komisi V DPR RI dengan jabatan sebagai wakil ketua.

Ariza pernah menjadi Ketua DPD KNPI DKI Jakarta pada 1999-2002 dan 2002-2005, kemudian bertarung menjadi Ketua Umum DPP KNPI dengan Aziz Syamsudin, serta Idrus Marham.

Selain itu, Ariza juga tercatat sebagai Ketua Umum DPN Garda Muda Merah Putih (GMMP), dan Komandan Nasional Menwa Indonesia, pengurus DPP GEMA MKGR, Wasekjen KAHMI DKI Jakarta, Wakil Kepala Humas PBSI, Director IRInYI for Young MDGs (International Relationship of Indonesian Youth Institute for Young Millenium Development Goals), Sekjen DPP Persatuan Anak Guru Indonesia (PAGI), Anggota Indonesian Council of World Affairs (ICWA), dan berbagai organisasi lainnya.

Mantan anggota KPU DKI Jakarta itu, merupakan putra Ketua MUI Amidhan Shaberah, dan aktif menggeluti dunia bisnis dengan jabatan Direktur Utama PT Gala Ariatama tersebut, saat ini juga tercatat sebagai pengurus Kadin Indonesia dan sempat menjadi pengurus BPD HIPMI Jaya 2001-2003.

loading...
  • Whatsapp