Terkesan Asal-asalan, Warga Minta Pembuatan Jembatan Panah Asamara Ditinjau Ulang

  • Whatsapp

Warga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan meminta pembuatan jembatan Panah Asmara ditinjau ulang. Pasalnya, warga menilai jembatan yang diharapkan menjadi ikon wisata baru itu terkesan dibuat asal-asalan.

Jembatan sepanjang 60 meter yang dibangun bersamaan dengan proyek betonisasi Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu tahun 2019 itu, kini kondisinya terbangkalai dan tak karuan.

Sejumlah fasilitas pendukung dibuat setengah jadi, seperti bangunan gazebo, pagar pembatas, dan bahkan beberapa tiang pancang jembatan ada yang sudah patah.

“Sayang padahal kita berharap jembatan itu menjadi ikon wisata baru di Pulau Tidung,” ujar Rojeni, salah seorang warga, Selasa (28/1).

Menurut dia, jembatan sepanjang 60 meter yang terhubung dengan tanggul jalan lingkar bagian selatan Pulau Tidung memiliki desain unik dan menarik

“Harus ditinjau ulang, kalau perlu dijadikan kegiatan tersendiri agar pembangunannya lebih baik lagi,” katanya.

Dikatakan Rojeni, jembatan itu dibuat atas permintaan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan kepada kontraktor pelaksana kegiatan proyek betonisasi milik Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu.

“Setahu saya, jembatan itu bukan kerjaan inti. Itu bagian dari proyek betonisasi,” jelasnya.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Abdul Gafar Rauf enggan mengomentari permasalahan yang menyebabkan jembatan itu tidak selesai dibuat. Menurut dia, saat ini SDA Kepulauan Seribu sedang mengiventarisir pekerjaan-pekerjaan yang telah dilakukan.

“Saya belum lihat, karena perencanaan kita masih jalan. Kalau perencanaanya belum matang saya belum bisa komentar banyak,” katanya.

Namun begitu, Kasudin yang belum lama dilantik ini berjanji akan melakukan peninjauan ulang terkait dengan jembatan panah asamara. Bukan hanya itu, pihaknya juga akan meninjau program-program yang telah dikerjakan Sudin SDA sebelumnya.

“Kita akan tinjua program yang telah dilaksanakan, seperti ketersediaan ar bersih, pengolaan IPAL, dan peningkatan kinerja PJLP SDA,” sebutnya.

loading...
  • Whatsapp