Efektif Februari, PAM Jaya : Tarif Pemakaian Pertama Air SWRO di Pulau Seribu Rp 32 Ribu

  • Whatsapp
Foto SWRO Pulau Untung Jawa / ilustrasi

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jakarta Raya atau PAM Jaya memastikan pencatatan pemakaian air program Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) efektik dilakukan mulai 1 Februari 2020 mendatang.

Sedangkan besaran tarif yang dikenakan kepada pelanggan rumah tangga di wilayah Kepulauan Seribu sebesar Rp 32.000 per meter kubik pada pemakaian pertama.

Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) PAM Jaya, Linda Nurhandayani menyebutkan pada informasi yang disampaikan beritapulauseribu.id bukan tarif untuk pelanggan di wilayah Kepulauan Seribu melainkan tarif untuk pelanggan di wilayah Jakarta daratan.

“Untuk tarif di wilayah Kepulauan Seribu yang mengacu pada Pergub 34 tahun 2018 terdapat pada tabel tarif golongan V khusus yaitu Rp 32.000 pada pemakaian pertama. Jadi mohon dikoreksi,” ungkapnya.

Sebelumnya, beritapulauseribu.id menyampaikan informasi dengan judul ‘Mengacu Pergub, Ini Tarif Harga Pelanggan SWRO di Pulau Seribu’, hanya mencantumkan sebagian isi Pergub DKI Jakarta nomor 34 tahun 2018. Namun demikian, dalam informasi itu terdapat sumber unduhan untuk dokumen perda yang dimaksud.

“Mungkin ada kesalahan informasi dari tulisan itu. pada tanggal 23 dan 24 januari lalu kami telah meng-sosialisasikan kepada warga terkait tata cara menjadi pelanggan PAM Jaya, hak dan kewajiban, tarif air serta sanksi denda,” papar Linda.

Selanjutnya, Linda menyebutkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun Instalasi Pengolahan Air Laut menggunakan teknologi SWRO di Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Payung, dan Pulau Untung Jawa dengan kapasitas masing-masing sebagai berikut :

SWRO Pulau Panggang berkapasitas 3 liter perdetik dengan sambungan pelanggan sebanyak 1.184 sambungan Rumah dan cakupan pelanggan sebesar 79%. Pulau Pramuka berkapasitas 1,5 liter perdetik dengan sambungan pelanggan sebanyak 653 sambungan Rumah dan cakupan pelanggan sebesar 97,4%.

Lalu, untuk Pulau Payung berkapasitas 0,25 liter perdetik dengan sambungan pelanggan sebanyak 49 Sambungan Rumah dan cakupan pelanggan sebesar 96%. Kemudian, Pulau Untung Jawa berkapasitas 0,25 liter perdetik dengan sambungan pelanggan sebanyak 113 sambungan Rumah dan cakupan pelanggan sebesar 100%.

Berdasarkan Surat Penugasan Gubernur nomor 62 tahun 2019, PAM Jaya ditugaskan untuk mengelola keempat SWRO di Kepulauan Seribu.

Berikut informasi PAM Jaya terkait dengan Mekanisme Pembayaran Air dan Tabel Tarif Air Minum di Wilayah Kepulauan Seribu : Unduh di Sini…