Warga Pulau Seribu Diimbau Antisipasi Virus Corona

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi

Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah mengeluarkan imbauan bagi warga untuk mengantisipasi virul novel corona (nCoV).

Demikian juga di wilayah Kepulauan Seribu, Suku Dinas Kesehatan setempat melakukan sosialisasi dini pencegahan terpapar virus yang tengah mewabah di sejumlah negara ini.

Kepala Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Maifendy menyebutkan, melalui Puskesmas dan kader kesehatan pihaknya melakukan sosialisasi dini antisipasi virus tersebut.

Menurut Herwin, virus corona sangat membahayakan kesehatan manusia dan berakibat fatal bila tidak ditangani dengan intensif. Virus ini, kata dia, menyebabkan gagal ginjal, sindrom pernafasan, hingga kematian.

“Virus corona dapat menular antar manusia dan hingga saat ini belum ada vaksin yang mengatasinya,” sebut Herwin.

Untuk itu, dia meng-imbau warga Kepulauan Seribu lebih menjaga kebersihan dengan membiasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan, melatih pernafasan dasar, dan terpenting hindari kontak langsung dengan seseorang yang dinyatakan mengidap virus tersebut.

“Sampai saat ini untuk Indonesia belum ditemukan orang terpapar virus itu, tetapi kita harus tetap waspada,” imbaunya.

Herwin menambahkan, untuk mengurangi risiko agar tidak terjangkit virus ini dengan tetap waspada, bila mengalami demam, batuk disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

“Menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin dan batuk serta selalu gunakan masker bila berpergian ke daerah yang terjangkit,” paparnya.

Selanjutnya, dia berharap, informasi terkait virus corona ini dapat disebarkan ke semua elemen masyarakat agar Kepulauan Seribu terhindar dari paparan virus itu.

“Begitupun dengan aktivitas pariwisata, kami juga meminta agar instansi terkait lebih meningkatkan kewaspadaan dan melakukan sosialisasi serupa,” pintanya.

loading...
  • Whatsapp