BMKG akan Pasang Alat Diteksi Kondisi Cuaca di Pulau Seribu

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan memasang alat diteksi cuaca di wilayah Kepulauan Seribu. Alat tersebut untuk mengetahui akurasi kondisi cuaca di sejumlah pulau permukiman.

“Rencananya akan disiapkan alat pendeteksi dini berupa alat pengukur kecepatan angin dan ketinggian gelombang. Kita harapkan segera bisa terwujud,” ungkap Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, Jumat (24/1).

Menurut Junaedi, pemasangan alat diteksi dini cuaca sangat dibutuhkan karena sebagai referensi kewaspadaan bencana di Kepulauan Seribu.

Terlebih, sambung wakil bupati, sebagai wilayah kepulauan yang dikelilingi lautan, Kepulauan Seribu harus memiliki sistem peringatan dini sehingga dapat meminimalisasi dampak bencana yang mungkin saja terajdi.

“Alat itu sebagai peringatan bagi warga atau wisatawan yang berkunjung. Sejauh ini BMKG berkomitmen untuk mendukung,” ucapnya.

Pantauan kondisi bencana, kata dia, perlu diperhatiakan secara cermat, dan Pemkab Kepulauan Seribu sudah melakukan komunikasi dengan BMKG untuk membantu memfasilitas kebutuhan pemantauan ini.

  • Whatsapp