Ajak Selamatkan Laut, DCA Edukasi Warga Tangani Sampah

  • Whatsapp

Kapasitas penanganan dan pengelolaan sampah di Kepulauan Seribu dinilai masih belum optimal. Karena itu, Yayasan Divers Clean Action (DCA) melalui program Save Our Ocean and Small Island (SOSIS) mengajak dan meng-edukasi masyarakat agar mampu menangani sampah dengan baik.

Community Facilitator DCA, Bagas Adiantyo Putra menyebutkan, pihaknya telah melaksanakan program SOSIS di Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, dan Pulau Panggang. Untuk periode Januari-Maret, program dilaksanakan di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan.

Baca Lagi :

“Visi kami mengurangi sampah dan meningkatkan kapasitas di wilayah pulau atau pesisir dalam pengelolaan sampah,” ungkapnya di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Rabu (22/1).

Menurut Bagas, DCA melakukan penelitian dan sampling sampah ke beberapa tempat, seperti rumah, sekolah, dan warung. Hal itu untuk mengetahui volume sampah yang diproduksi beserta produk apa yang banyak digunakan oleh masyarakat.

“Hasilnya kita kirim ke produsen produk agar bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat. Itu juga menjadi bahan penelitian kami untuk membuat kemasan produk yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Baca Juga :

Terkait dengan sasaran program, Bagas mengatakan, DCA meng-edukasi sekolah dan siswa dalam program pengelolaan sampah. Lalu, untuk masyarakat dilakukan edukasi pemilahan sampah rumah tangga dengan cara memisahkan sampah organik dengan yang berbahan plastik.

“Sampah organik dapat dikelola menjadi kompos, sedangkan yang berbahan plastik diaur ulang menjadi produk baru yang bernilai ekonomi,” katanya.

Program yang dilaksanakan DCA direpon baik dan didukung oleh masyarakat terlebih oleh unsur pemerintah setempat. Karena program ini juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait dampak negatif sampah terhadap kelestarian ekosistem laut.

  • Whatsapp