KPKP DKI akan Kembangkan Program Urban Farming di Pulau Seribu

  • Whatsapp

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta akan mengembangkan metode pertanian perkotaan (urban farming) di Kepulauan Seribu. Hal itu untuk mewujudkan kemandirian pangan utamanya kebutuhan sayuran.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, wilayah Kepulauan Seribu memiliki potensi budidaya sayuran, sehingga program pertanian perkotaan akan dikembangkan di sejumlah pulau permukiman.

“Program akan melibatkan masyarakat setempat agar kebutuhan sayuran dapat dipenuhi secara mandiri,” kata Darjamuni, Selasa (21/1). 

Bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, kata Darjamuni, pihaknya bertekad menjadikan program tersebut skala prioritas. Dengan memanfaatkan ruang dan lahan terbatas sebagai lokasi urban farming.

“Partisipasi masyarakat terhadap metode pertanian perkotaan semakin tinggi. Mereka mulai mengetahui manfaat program itu untuk memenuhi kebutuhan sayur untuk skala rumah tangga. 

Mulai tahun 2020 ini, Dinas KPKP DKI Jakarta  akan memaksimalkan pola pembinaan dan mekanisme pendampingan bagi warga Kepulauan Seribu agar berhasil menjadi penggiat pertanian perkotaan.

  • Whatsapp