Penerima PKH di Pulau Seribu Diduga belum Tepat Sasaran

  • Whatsapp

Penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kepulauan Seribu diduga belum tepat sasaran. Warga yang sangat membutuhkan tidak menerima, sedangkan warga sejahtera justru kebagian santunan.

Hal itu disampaikan Alfia, Ketua RT 004/01 Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara. Dia mengaku mendapat keluhan terkait penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI itu yang tidak tepat sasaran.

“Saya pribadi merasa prihatin, ada warga yang seharusnya menerima tetapi tidak menerima,” bebernya.

Menurut dia, warga yang mengeluh rata-rata berstatus pra sejahtera atau kurang mampu. Mereka tidak menerima bantuan, sementara warga yang tergolong mampu masih mendapat bantuan.

“Bahkan sampai saat ini belum pernah saya lihat ada stiker yang menempel di rumah penerima program PKH,” ucapnya.

Berdasarkan informasi dan data yang diterima beritapulauseribu.id untuk wilayah Kelurahan Pulau Panggang saja, penerima program PKH sebanyak 272 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dari jumlah itu, 88 KPM diantaranya telah menerima penyaluran. Sementara untuk kategori penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) masih dalam verifikasi ulang terkait dengan aturan baru untuk kategori lansia.

Sementara, saat dilakukan konfirmasi terkait masalah tersebut kepada Koordinator PKH Kabupaten Kepulauan Seribu melalui sambungan telepon hingga berita ini di publish yang bersangkutan tidak merespon.