Ular dan Biawak Diamankan di Pulau Tidung

  • Whatsapp

Dua binatang jenis reptil diamankan Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kepulauan Seribu. Dua binatang itu, yakni biawak yang diamankan petugas di RT 002/03 Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

Sedangkan, satunya lagi ular jenis sanca diamankan di Pulau Payung RT 006/03 Kelurahan Pulau Tidung. Saat ini kedua binatang liar itu diamankan di Posko Damkar masing-masing untuk selanjutnya diserahkan ke Taman Margasatwa Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kepulauan Seribu.

Baca Lagi :

“Kita akan serahkan ke BKSDA agar dilepas kembali ke alam liar seperti di kawasan Pulau Rambut dan Pulau Bokor,” ujar Kepala Sektor 8 Kepulauan Seribu Selatan, Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendro.

Menurut dia, tindakan pengamanan binatang liar dimungkinkan untuk menjaga keselamatan warga. Setelah diamankan, binatang-binatang itu dikembalikan ke habitatnya agar tidak bersentuhan langsung dengan aktivitas manusia.

“Ini juga upaya penyelamatan satwa, dalam pengemanan sementara kita juga menjaga dan memberi makan,” katanya.

Baca Juga :

Dikatakan Eko, pihaknya berlaku sigap dan segera mengerjakan tugas bila ada laporan masyarakat terkait keberadaan binatang liar. Hingga saat ini, eko menyebutkan, petugas sudah mengamankan sejumlah ular dan biawak.

“Keberadaan sarang tawon pun kita amankan, bila dianggap mengganggu kenyamanan warga,” jelasnya.

  • Whatsapp