Diperindah, Lahan Makam di Pulau Karya akan Ditata Ulang

  • Whatsapp

Lahan Tempat Pemakaman umum (TPU) di Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, akan ditata ulang. Penataan itu bertujuan memperindah lahan dan memperluas zona petak makam.

Kepala TPU Pulau Karya, Khotif mengatakan, penataan lahan makam akan dilakukan tahun 2020 ini. Pihaknya sedang melakukan mapping dan menggambar rancangan penataannya.

Baca Lagi :

“Gambar mentah sudah ada, tapi kita akan usahakan seakurat mungkin agar penataan petakĀ  makam dapat merinci luas lahan yang masih dapat digunakan untuk penguburan,” katanya.

Khotif mengaku penataan pemakaman akan berdampak pada pergeseran batu nisan. Karena, berdasarkan rancangan awal akan dibuat tapak jalan utama dan jalan di antara zonasi atai blok makam.

“Nanti ada zonasi makam berupa blok. Kita akan ginakan penanda warna pada tiap blok,” tuturnya.

Baja Juga :

Terkait dengan memperindah lahan makam, Khotif memastikan tujuan penataan salah satunya adalah memperindah TPU Pulau Karya agar warga yang berziarah merasa nyaman.

“Nantinya kita berharap bukan lagi sebagai tempat tapi menjadi taman pemakaman,” candanya.

Sementara Kepala Unit Kerja Teknis 2 Kepulauan Seribu, Sofyan menambahkan, penataan tersebut juga bertujuan agar mempermudah penentuan lokasi tapak makam yang akan digunakan.

“Intinya untuk mempermudah saat menentukan lokasi tapak makam yang akan dipergunakan,” tambahnya.

Upaya penataan tersebut, sambung Sofyan, merupakan inisiatif pengelola TPU, namun karena membutuhkan biaya UKT 2 dalam hal ini mendorong kegiatan tersebut menjadi program kerja tahun 2020.

 

  • Whatsapp