Atasi Keluhan Asap, Pulau Panggang Evaluasi Pengelolaan Sampah

  • Whatsapp

Merespon keluhan warga terkait asap dari pembakaran sampah di Pulau Pramuka RW 04 Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Lurah Pulau Panggang Pepen Kuswandi melakukan evaluasi bersama petugas PJLP Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu.

“Semalam kita melakukan evaluasi terhadap pengelolaan sampah di Pulau Pramuka dan pagi ini saya langsung beri arahan kepada mereka agar tidak lagi membakar sampah,” sebut Pepen kepada beritapulauseribu.id via whatsaap, Kamis (16/1).

Baca Lagi :

Menurutnya, Satuan Tugas (Satgas) pengelolaan sampah Kelurahan Pulau Panggang yang telah dibentuk akan diperkecil wilayah tugasnya menjadi Satuan Pelaksana (Satlak) pilah sampah tingkat wilayah RW.

Tiap RW, kata dia, akan ada Satlak pilah sampah yang terdiri dari PJLP, PPSU, Dasawisma, dan Jumantik, tujuannya untuk menyamakan presepsi terhadap pemilahan sampah organik semi padat.

“Sesuai zonasi kerja, secara otomatis petugas menjadi anggota Satlak itu,” kata Pepen.

Baca Juga :

Selain itu, Pepen juga menyebutkan terkait pemanfaatan sampah organik yang diolah menjadi kompos. Petugas harus menjadwalkan teknis buka tutup komposter menggunakan alat kunci yang disesuaikan dengan hari.

Sebelumnya, saat menyampaikan arahan kepada petugas PJLP, PPSU, Tenaga Medis serta Guru Honorer di wilayah tugas Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad menekankan agar para petugas tersebut selalu berkoordinasi dengan pemimpin kelurahan (lurah).

“Tidak boleh ada satupun yang kelewat untuk diurus. Kebersihan, sarana prasarana, kesehatan maupun kesejahteraan warga, semua harus dikoordinasikan oleh lurah,” tegas Husein seperti dikutip dari pulauseribu.jakarta.go.id, Rabu (15/1) kemarin.

Husein menilai, meski para petugas berasal dari dinas dan suku dinas berbeda, di wilayah kelurahan semua petugas akan dikoordinir, dievaluasi serta bertanggung jawab kepada Lurah.

loading...
  • Whatsapp