Mengganggu Kesehatan, Warga Pulau Pramuka Keluhkan Pembakaran Sampah

  • Whatsapp

Warga Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara mengeluhkan pembakaran sampah yang berlokasi di pantai utara pulau tersebut. Pasalnya, asap dari pembakaran sampah itu berdampak buruk bagi kesehatan warga.

“Bukannya sampah di pulau seharusnya dibawa ke darat. Kok ini tiap hari bakar sampah,” ujar Tursinah, salah seorang warga yang mengaku terdampak langsung dari asap pembakaran sampah itu.

Baca Juga :

Padahal, kata Tursinah, akibat asap sampah yang dibakar diduga menyebabkan seorang bayi meninggal dunia. Karena itu, dia meminta agar pembakaran sampah dihentikan.

Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi merespon cepat keluhan warga tersebut. Dia berjanji akan mengingatkan pihak Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu agar menghentikan pembakaran sampah karena asap yang ditimbulkan mengganggu kesehatan warga.

“Segera kami akan ingatkan, agar tidak membakar sampah lagi,” tegas Pepen.

Baca Lagi :

Namun begitu, lurah mengakui saat ini proses angkut sampah masih terkendala dengan kapasitas muat armada kapal Laut Bersih milik Dinas LH DKI Jakarta.

Sementara dari pantauan beritapulauseribu.id di lokasi, dua tumpukan sampah berupa batang pohon, plastik, bahkan ada juga karung bekas sedang dibakar. Asap tebal dari pembakaran tertiup angin ke arah pemukiman warga.

Namun, tak selang berapa lama, salah seorang petugas datang dan langsung melakukan pemadaman api. “Diperintah pak lurah, padahal sudah sering dibilangin jangan dibakar,” kata petugas tersebut yang enggan menyebutkan nama.

  • Whatsapp