Warga Pulau Untung Jawa Keluhkan Kondisi Lokasi Sandar Kapal di Tanjung Pasir 

  • Whatsapp

Ketiadaan fasilitas sandar kapal di Tanjung Pasir, Tangerang, Banten, dikeluhkan warga dan sejumlah pemilik kapal penumpang tradisional rute Pulau Untung Jawa. Mereka berharap kondisi tersebut menjadi perhatian pemerintah dan pihak-pihak terkait.

“Prihatin, sudah lama kami berharap ada pelabuhan atau dermaga sandar di pantai Tanjung Pasir,” ujar Mutadi, Pemilik Kapal Tradisional Penumpang Bunga Mawar Express, Rabu (8/1).

Sejatinya, menurut dia, selama ini akses transportasi laut warga Pulau Untung Jawa didominasi dari Tanjung Pasir. Selain penumpang, distribusi logistik dan barang kebutuhan masyarakat juga kebanyakan dari kawasan itu.

“Bahkan, jalur pengunjung wisata ke Pulau Untung Jawa sebagian besar dari Tanjung Pasir,” kata Mutadi yang juga Ketua RW 01 Kelurahan Pulau Untung Jawa ini.

Disebutkannya, dengan kondisi musim angin barat praktis kapal penumpang tidak dapat berlabuh karena terhantam ombak. Apalagi bila air surut, kapal terpaksa berlabuh jauh dari bibir pantai.

“Setidaknya ada pendalaman alur, saat ini sangat menyulitkan warga, mereka harus ngoyor untuk naik kapal kami,” sebut Mutadi.

Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu, Robin mengungkapkan, bahwa pembangunan pelabuhan di Tanjung Pasir untuk akses warga ke Pulau Untung Jawa telah dilakukan kajian pada tahun 2019 dan akan dilaksanakan tahun 2020 ini.

“Kajiannya sudah ada, termasuk pengembangan pelabuhan oleh Kementrian Perhubungan yakni Pelabuhan di Rawa Saban dan Tanjung Pasir,” jelasnya.

Menurut Robin, pelaksanaan pembangunan pelabuhan itu adalah kewenangan Provinsi Banten. Dewan Kabupaten bersama Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kepulauan Seribu telah diundang rapat terkait perencanaan pembangunan itu.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kabupaten Ķepulauan Seribu, Iwan P. Samosir berjanji akan segera berkoordinasi dengan Badan Kerja Sama Antarprovinsi (BKSP) terkait perencanaan program tersebut.

“Segera kami akan tindaklanjuti untuk mengetahui sejauh mana progresnya,” janji Iwan.

loading...
  • Whatsapp