Pulau Tidung Kecil Diusulkan Jadi Pusat Pemerintahan Baru di Kepulauan Seribu

  • Whatsapp

Minimnya ketersedian lahan di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, menjadi alasan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mengusulkan lokasi baru untuk pengembangan pusat pemerintahan administratif kabupaten setempat.

“Kita usulkan Pulau Tidung Kecil. Pulau itu milik Pemprov DKI Jakarta, dengan luas sekitar 14 hektar cocok untuk central pemerintahan kabupaten di masa mendatang,” ungkap Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi beberapa waktu lalu.

Junaedi menilai, Pulau Pramuka sudah tidak memiliki daya dukung untuk pengembangan dan pembangunan kantor kabupaten yang teritegrasi dengan sejumlah unit teknis di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Saat ini, kantor kabupaten di Pulau Pramuka sedangkan kantor teknis di Pulau Karya, kondisi itu tidak efektif. Harusnya terintegrasi ada dalam satu atap,” jelas Wakil Bupati.

Menindaklajuti rencana itu, dikatakan Junaedi, Pemkab Kepulauan Seribu akan berkoordinasi dengan DPRD DKI Jakarta untuk selanjutnya dilakukan kajian pemindahan pusat pemerintahan kabupaten.

“Ini kan baru usalan saja, bila kajiannya mendukung kenapa tidak dipindah. Mungkin saja pemindahan ini menjadi solusi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

  • Whatsapp