Cuaca Ekstrim, Waspada Angin Puting Beliung di Pulau Seribu

  • Whatsapp

Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau untuk tetap terus waspada dengan kemungkinan bencana yang bisa terjadi.

Dalam press release yang diunggah Minggu (5/1) lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan waspada bencana kepada sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Kepulauan Seribu.

Bukan tanpa alasan, curah hujan yang tak terduga diperkirakan akan terjadi dalam sepekan ke depan. Dengan adanya fenomena ini, masyarakat diimbau untuk selalu waspada akan potensi bencana alam seperti angin puting beliung.

BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang.

Sementara itu, BMKG menyebutkan prakiraan potensi ketinggian gelombang laut di wilayah Indonesia hingga mencapai lebih dari 2,5 meter dapat terjadi di beberapa wilayah perairan termasuk di perairan Kepulauan Seribu.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.

  • Whatsapp