PT Pertamina Didorong Perbaiki Dermaga Pantura Pulau Kelapa

  • Whatsapp

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mendorong PT Pertamina (perseroan) melalui anak perusahaan-nya PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) memperbaiki Dermaga Pantai Utara (Pantura) di RW 02 Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara.

“Kami minta agar Pertamina memperbaiki Dermaga Pantura Pulau Kelapa, karena kondisinya sudah rusak parah dan rawan ambruk,” ujar Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi kepada beritapulauseribu.id, Rabu (1/1).

Menurut Junaedi, permintaan itu disampaikannya saat rapat dengan managemen PT PHE OSES di Kantor Penghubung Pemkab Kepulauan Seribu, Gedung Mintra Praja, Sunter, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

“Bila sudah jadi, kita minta aset dermaga diserahkan ke Pemkab Kepulauan Seribu, supaya kami dapat meng-anggarkan perawatannya,” jelas wakil bupati.

Ketua RW 02 Kelurahan Pulau Kelapa, Akhmad Ismed menyambut baik rencana tersebut. Dia menuturkan, sejatinya dermaga itu milik masyarakat Pulau Kelapa yang dibangun dengan cara swadaya menggunakan matrial kayu sekitar tahun 1970.

Lalu, sambung dia, PT Maxus membangun ulang dengan beton sekitar tahun 1990 dan digunakan hingga peralihan operator blok ekspolitasi minyak Southeast Sumatra (SES) ke PT CNOOC (China National Offshore Oil Corporation) sekitar tahun 2002.

“Sejak tahun 1990 sampai 2018, dermaga pantura digunakan untuk dermaga sandar kapal-kapal Maxus dan CNOOC. Sekarang, kami ingin dermaga itu dikembalikan ke masyarakat,” tegas Ismed.

  • Whatsapp