Nyok! Panen Sayur Hidroponik di Posyandu Mawar

  • Whatsapp

Ibu-ibu kader Posyandu Mawar 1 RW 01 Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara sedang sumringah. Pasalnya, mereka kini tengah memanen sayur hidroponik di sekitar gedung Posyandu tersebut.

“Lagi seneng, kita panen sawi dan kangkung hasil hidroponik,” ujar Masriah, Sekretaris Tim Penggerak PKK Kelurahan Pulau Kelapa, Minggu (29/12).

Baca Juga :

Rampung, Gedung Posyandu Mawar 1 Siap Digunakan

Punya Gedung, Mawar 1 ‘Pede’ di Lomba Posyandu Nasional

November ini, Posyandu Mawar 1 Dibangunkan Gedung

Menurut dia, sayur dari tanaman hidroponik yang dihasilkan berkualitas bagus dan telah dipanen sebanyak 3 kilogram sawi serta 3 kilogram kangkung. Kedua sayur itu, kata dia, menjadi rebutan ibu-ibu kader Posyandu.

“Seru juga, ada yang nawar sampai Rp 50 ribu per kilogram,” candanya seraya mengatakan program urban farming di Posyandu Mawar 1 telah dikunjungi Bupati Kepulauan Seribu pada Sabtu (28/12) kemarin.

Dikatakan Masriah, hasil sayur hidroponik tidak dijual melainkan akan dikonsumsi untuk pelayanan gizi balita. Adapun, mereka yang membeli hanya menitipkan uang untuk kebutuhan bibit sayur selanjutnya.

Lurah Pulau Kelapa, Madi M Dali mengungkapkan tanaman hidroponik dapat menjadi alternatif efektif untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dari sayuran.

“Program ini bagus, selain untuk menambah gizi, tanaman hidroponik juga membuat pekarangan rumah menjadi indah dengan tanaman hijau,” ungkapnya.