Panen 2,5 Ton, Budidaya Rumput Laut di Pulau Seribu Mulai Bergairah

  • Whatsapp

Setelah 45 hari berselang, 5 kelompok (100 anggota)  petani budidaya rumput laut di Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu mulai menuai hasil. Mereka panen perdana sebanyak 2,5 ton rumput laut varian sphionosum pada Ahad, (22/12) lalu.

Hasil program Pemberdayaan Ekonomi Desa Cahaya Warga dari Yayasan Nirunabi dengan Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) ini mendongkrak gairah budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu.

“Semoga hasil panen ini bisa berlanjut dan menemukan pasar yang harganya lebih kompetitif, agar nelayan dapat lebih sejahtera,” tutur Penggiat Budidaya Rumput Laut, Noval Abudzar kepada beritapulauseribu.id, Kamis (26/12).

Menurutnya, melalui Yayasan Nirunabi dan YBM PLN para kepala keluarga dari tiap kelompok mendapat  bantuan modal usaha. Mereka diberikan dalam bentuk pelatihan budidaya rumput laut, pemetaan peluang pasar, pengadaan kapal, dan bibit rumput laut.

“Semua kebutuhan untuk melakukan budidaya rumput laut mulai dari penanaman sampai pengeringan,” sebut Noval.

Bahkan, tambah dia, di tahun 2020 mendatang kedua yayasan tersebut berkomitmen mengambangkan budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu dengan melakukan pendampingan mulai dari SDM sampai kepada penjualan serta pengolahan produk turunannya.

Karena itu, sambung Noval, Yayasan Nirunabi dan YBM PLN  serius mengajak para stakeholder terkait, bersama mengembangkan rumput laut untuk kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu. 

“Diharapkan, program budidaya rumput laut ini dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu,” imbuhnya.

Sebelumnya, saat panen perdana budidaya rumput laut di Karang Lebar Pulau Semak Daun hadir Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad  beserta jajaran, Ketua Pengurus Yayasan Nirunabi Emas Rahayu dan Deputi Direktur YMB PLN Salman Alfarizi.

Pada kesempatan itu, Yayasan Nirunabi dan YBM PLN juga mengadakan bakti bersih pantai. Kegiatan itu sebagai bentuk keseriusan dalam mendampingi para petani karena kebersihan laut menjadi faktor pendukung dalam budidaya rumput laut.

  • Whatsapp