Libur Natal, Pantai Sakura Pulau Untung Jawa Diserbu Wisatawan

  • Whatsapp

Ikon wisata Pantai Sakura Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan mampu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Setidaknya, saat libur natal, (25/12) kemarin saja, pantai pasir putih sepanjang 500 meter itu dinikmati sekitar 700 pengunjung.

“Pantainya seperti di Bali, kita bisa berenang dan main banana boat. Main ke sini murah,” ujar Widodo Ali (43), pengunjung wisata Pulau Untung Jawa, Kamis (26/12).

Menurut dia, mengunjungi Pulau Untung Jawa menjadi pilhan keluarga untuk menghabisi waktu pada libur Natal tahun 2019 ini. Dirinya mengaku telah beberapa kali datang ke pulau tersebut.

“Jaraknya dekat dari daratan jadi kita bisa pulang pergi. Objek wisatanya juga banyak,” ucap warga Tanggerang Selatan, Banten ini.

Lurah Pulau Untung Jawa Supriyadi menyebutkan, jumlah pengunjung saat libur natal sekitar 700 orang. Sebagian besar pengunjung wisata memadati lokasi wisata Pantai Sakura yang merupakan satu dari 11 destinasi primadona wisata di Pulau Untung Jawa.

“Pengunjung yang datang sekitar 700 orang. Mereka gunakan 15 kapal tradisional dari Tanjung Pasir,” sebut lurah.

Lurah berharap, tingginya minat kunjung wisata ke Pulau Untung Jawa juga disertai dengan kesadaran menjaga kebersihan. Dia menghimbau agar para pelaku jasa wisata tidak segan mengajak wisatawan yang datang menjaga kebersihan wilayah.

Ayo jaga kebersihan, buang sampah di ratusan tempat sampah yang ada di tiap lokasi wisata,” imbau Supriyadi.

Kepulauan Seribu Dikunjungi 5.521 Wisatawan

Sementara dari data Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, tercatat sebanyak 5.521 wisatawan lokal dan mancanegara mengunjungi beberapa lokasi wisata di Kepulauan Seribu, saat libur Natal 24-25 Desember kemarin.

Kepala Sudin Parbud Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, wisatawan ini masuk dari beberapa dermaga seperti, Dermaga Kaliadem, Marina Ancol, Rawasaban dan Tanjung Pasir Tangerang.

“Dari 5.521 wisatawan tersebut, 71 diantaranya adalah wisatawan asing,” ujar Cucu, Kamis (26/12).

Menurutnya, beberapa pulau permukiman masih menjadi favorit para wisatawan karena lokasinya yang sangat dekat dengan wilayah daratan juga karena promosi serta kabar tentang indahnya Pulau Seribu.

“Pulau Untung Jawa dan Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan masih menjadi favorit kunjungan bagi wisatawan selain pulau permukiman lainnya,” katanya.

  • Whatsapp