Tahun 2019, 23 Ribu Turis Asing Kunjungi Pulau Seribu

  • Whatsapp
Foto : Istimewah

Wisata mancanegara di Kepulauan Seribu kian menggeliat. Setidaknya per November 2019 turis asing yang melancong ke sejumlah pulau wisata di wilayah Jakarta kepulauan ini sekitar 23 ribu pengunjung.

Berdasarkan rekap data sementara Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Kabupaten Kepulauan Seribu menyebutkan jumlah kunjungan wisata asing dari mancanegara mencapai 23.408 kunjungan.

“Jumlah kunjungan tertinggi terjadi di bulan Agustus mencapai 4.081 wisman, sedangkan bulan lainnya diangka kisaran 2 sampai 3 ribu pengunjung asing,” ungkap Kepala Sudin Parbud Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia, Kamis (19/12).

Jenis pulau wisata yang dikunjungi, menurut Cucu masih didominasi pulau-pulau resort dengan angka kunjungan tertinggi yakni Pulau Sepa mencapai 7.743 turis. Sedangkan untuk wisata pulau permukiman yakni Pulau Pari mencapai 1.805 kunjungan dan untuk pulau cagar budaya yakni Pulau Onrust mencapai 128 orang.

“Data ini per November, angkanya akan bertambah saat libur Natal dan tahun baru. Kami memperkirakan sekitar 3 ribu wisman akan menyambut tahun baru di pulau-pulau wisata di Kepulauan Seribu,” paparnya.

Untuk tahun 2020 mendatang, Cucu optimis angka kunjungan wisata mancanegara di Kepulauan Seribu akan lebih tinggi. Pasalnya, branding wisata Kepulauan Seribu saat ini telah dikenal luas hingga internasional. Hal itu dikuatkan dengan Kepulauan Seribu sebagai satu dari 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Strategi promosi sudah dilakukan sepanjang tahun 2019 ini. Skalanya nasional hingga internasioanal. Kami optimis tahun 2020 mendatang kunjungan wisata asing akan semakin meningkat,” tuntasnya.