PAUD Insan Utama Berharap Segera Punya Gedung

  • Whatsapp
Foto : Siswa dan Orang Tua BKB PAUD Insan Utama Pulau Kelapa

Kegiatan belajar mengajar (KBM) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Insan Utama Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara sejak tahun 2017 menumpang di salah satu ruang kelas SDN Pulau Kelapa 01 pagi. 

Pengurus PAUD berharap perhatian pemerintah agar dibangunkan gedung sendiri. Dengan 50 siswa dan 7 orang guru, proses KBM PAUD Insan Utama dinilai kurang optimal karena berbagi kelas dengan siswa tingkat sekolah dasar.

“Dipaksakan nyaman aja, karena tidak ada gedung lagi,” ungkap Ketua BKB PAUD Insan Utama, Syamsul Bahri kepada beritapulauseribu.id, Selasa (17/12).

Menurut dia, PAUD Insan Utama sebelumnya menempati Gedung Balai Warga Pulau Kelapa. Namun, karena ada rencana pembangun gedung balai warga, KBM PAUD dipindahkan di Gedung SDN Pulau Kelapa 01 pagi.

Rencananya, kata dia, pembangunan balai warga dilaksanakan pada tahun 2018 menggunakan APBD Provinsi DKI Jakarta dengan alokasi anggaran sekitar Rp 4 miliar. Namun pembangunannya tidak dilaksanakan karena ada permintaan lahan itu digunakan untuk perluasan Puskesmas.

“Setahu saya, ada kesepakatan antara kelurahan dengan pihak Puskesmas untuk tukar lahan. Lahan eks balai warga dengan Rumah Bersalin (RB) dan infonya didukung oleh RW dan LMK sehingga pembangunan balai warga gagal,” tutur Syamsul.

Namun begitu, dia menyayangkan karena proses tukar aset belum selesai, sehingga lahan belum dapat digunakan hingga saat ini. “Kami sangat berharap ada gedung untuk PAUD kami dan masalah lahan itu segera diselesaikan,” harapnya.

Lurah Pulau Kelapa, Madi M Dali mengungkapkan, awalnya lahan tersebut akan dibangun balai warga. Namun, dialih fungsi untuk perluasan gedung Puskesmas agar pelayanan kesehatan masyarakat lebih baik.

“Lahan balai warga ditukar dengan rumah bersalin, memang proses pemindahan asetnya sudah berjalan,” jelas Madi.