Pemkab Tagih Pelindo II Bangun Pelabuhan Khusus Pulau Seribu

  • Whatsapp

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menagih janji PT Pelindo II membangun pelabuhan khusus Kepulauan Seribu yang berlokasi di Bahtera Jaya, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Keberadaan pelabuhan tersebut dapat mengoptimalkan aksesibilitas penyeberangan dari dan akan ke Kepulauan Seribu. Hal itu juga mendukung Kepulauan Seribu sebagai kawasan pariwisata bahari di Indonesia.

“Sejauh ini belum ada pelabuhan yang mewakili dan menjadi gerbang masuk yang identik dengan Kepulauan Seribu,” ungkap Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, Senin (16/12).

Memang, kata bupati, akses penyeberangan ke Kepulauan Seribu dapat melalui Pelabuhan Dinas Perhubungan DKI Jakarta di Kali Adem, Muara Angke atau Pelabuhan Marina Taman Impian Jaya Ancol.

Namun, ia meyakini harus ada pelabuhan yang menjadi gerbang  utama Kepulauan Seribu. “Ini pelabuhan khusus, namanya pun Pelabuhan Kepulauan Seribu. Jadi, kita dorong rencana pembangunannya,” ucap Husein.

Dikatakan bupati, PT Pelindo II berkewajiban membangunkan pelabuhan tersebut. Pasalnya, rencana itu sejak lama ada dan bahkan tiap tahun dibahas oleh Pemkab didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Semakin banyak akses pelabuhan akan memudahkan jalur transportasi masyarakat dan terpenting untuk daya dukung jalur pariwisata di Kepulauan Seribu,” jelasnya.

  • Whatsapp