Bupati Dukung Gerakan Seribu Pohon Kelapa di Pulau Kelapa

  • Whatsapp

Gerakan menanam seribu pohon kelapa yang bergulir di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu merupakan bagian dari upaya melestarikan lingkungan. Hal Itu, disampaikan Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad saat meresmikan gerakan tersebut, Jumat (13/12).

Baca lagi : Kembalikan Identitas, Pulau Kelapa Tanam 100 Pohon Kelapa

Menurut dia, berbagai upaya telah dilakukan dengan mengajak semua pihak untuk terlibat. Seperti gerakan menanam seribu pohon kelapa jenis hibrida merupakan inisiasi LMK dan itu adalah bukti keterlibatan masyarakat.

“Bila cara berpikir, visi, dan pandang sudah sama, tindakan itu hal kedua. Kepulauan Seribu adalah tempat yang indah, bersih, asri, lestari, dan lingkungannya bisa dirawat serta ekosistemnya dapat terjaga,” tutur Husein

Sebelumnya, kata bupati, Kepulauan Seribu telah mengadakan gerakan seribu sukun sebagai tanaman tuan rumah di Kepulauan Seribu. Sekarang, dilanjutkan dengan gerakan seribu kelapa dan kebetulan dilaksanakan di Pulau Kelapa.

“Kami berharap masyarakat di pulau lain dapat mencari pohon-pohon yang cocok di wilayahnya, kami persilahkan ini adalah bentuk kecintaan kita kepada pulau kita,” ungkapnya.

Lebih jauh, Husein mengatakan, menanam sangat penting dalam kehidupan sebagai bentuk kecintaan kepada lingkungan. Menanam adalah bagian dari mempersiapkan sesuatu yang dapat ditinggalkan untuk generasi yang akan datang.

“Apalagi menanam itu bagian dari perintah agama, besok akan kiamat, hari ini meski ada satu biji kurma diperintahkan untuk menanam. Tak usah kita berharap pohon itu kita yang menikmati, tapi inilah yang bisa ditinggalkan untuk anak cucu kita,” tandas bupati.