Baznas Bazis DKI Latih Kaum Emak Jadi Wirausaha

  • Whatsapp

BPS.id – Untuk menumbuhkan  jiwa wirausaha di kalangan perempuan dan agar kaum perempuan lebih berdaya. Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Program Sejuta Wanita Tangguh di Kepulauan Seribu.

“Diharapkan BAZNAS tidak hanya berperan memberi santunan kepada masyarakat, tetapi juga mendorong penguatan ekonomi masyarakat kurang mampu lewat pelatihan-pelatihan praktis,” ungkap Ridwan Malik, Koordinator Baznas Bazis Kepulauan Seribu, Rabu (11/12).

Khusus di Kepulauan Seribu, kata dia, pelatihan pertama diselenggarakan di Kelurahan Pulau Tidung, dengan target para ’emak-emak’. Ke depan, program sejenis diusahakan di pulau-pulau lain, dengan mempertimbangkan  produk unggulan di pulau tersebut.

“Pemilihan Kerupuk ikan dan keripik sukun didasarkan pada kenyataan bahwa dua produk itu merupakan produk  lokal Pulau Tidung yang laku dijual kepada wisatawan dan merupakan usaha yang berkepanjangan” paparnya.

Camat Kepulauan Seribu, Angga Sahputra mengatakan, Pemkab Kepulauan Seribu mendukung upaya-upaya yang dilakukn Baznas Bazis Kepulauan Seribu untuk menumbuhkan kemandirian dan jiwa entrepreneur atau wirausaha di masyarakat, termasuk di kalangan perempuan.

“Kalangan perempuan di banyak tempat merupakan tulang punggung keluarga, oleh karena itu pengetahuan dan kemampuan ekonomi mereka harus terus ditingkatkan, termasuk lewat pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Menurutnya, oleh-oleh dan kuliner merupakan produk yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Kepulauan Seribu sebagai kawasan destinasi wisata. Sangat disayangkan kalau potensi ini tidak kita garap dengan serius.

Karena itu, sambungnya, kuliner dan oleh-oleh buatan masyarakat lokal harus terus ditingkatkan kualitasnya, sehingga bisa menjadi produk unggulan daerah.

“Pemkab berharap, ke depan banyak lagi kegiatan-kegiatan pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Baznas-Bazis Kepulauan Seribu, sehingga masyarakat Pulau Seribu menjadi masyarakat yang mandiri dan memiliki kekuatan ekonomi,” terangnya.

  • Whatsapp