Pulau Seribu Dorong Difabel Melamar ke PPSU dan PJLP

  • Whatsapp

BPS.id – Pada dasarnya setiap orang berhak untuk memiliki kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan, termasuk penyandang disabilitas (difabel) sekalipun.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan terus meningkatkan akses lapangan kerja bagi para penyandang disabilitas sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan hidup dengan keterbatasannya.

“Penyandang disabelitas di Kepulauan Seribu disamakan hak dasarnya dengan yang ada di daratan Jakarta, karena Kepulauan Seribu adalah wilayah DKI juga,” ungkap Junaedi kepada beritapulauseribu.id, Selasa (10/12).

Menurutnya, penyandang disabilitas di Kepulauan Seribu juga mendapat bantuan dari pemerintah, berupa fasilitas pendukung yang dibutuhkan. Jadi, tidak boleh ada perbedaan apalagi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.

Terkait dengan kesempatan kerja, wakil bupati menekankan dan mengajak agar penyandang disabilitas melamar di program penerimaan tenaga PPSU atau PJLP yang saat ini tengah berlangsung di instansi-instansi pemerintah di Kepulauan Seribu.

“Dilihat keahlian dan kemampuannya. Mungkin bila aktivitas kerja yang mengandalkan fisik tidak bisa, tapi bisa ditempatkan di posisi lain yang dikuasi, seperti keahlian kantor atau menjadi tenaga administrasi. Tidak ada larangan untuk itu,” katanya.

Pemkab, kata dia, akan mendorong untuk direkrut sesuai dengan keahliannya. Karena, menurut dia, jangankan menjadi tenaga PPSU atau PJLP, kalangan disabilitas kini banyak yang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Nantikan ada proses seleksinya. Mereka harus berani, selama itu memenuhi syarat dan ketentuan yang ada, peluang itu dibuka seluas-luasnya,” jelas Junaedi.

Seperti diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Bahwa penyandang disabilitas itu mempunyai hak pekerjaan dan memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau swasta tanpa diskriminasi.

loading...
  • Whatsapp