Kamrussamad : Enam Wilayah Kota di Jakarta Harus Punya Ciri Sendiri

  • Whatsapp

BPS.id – Anggota Komisi II DPR RI Kamrussamad meminta agar Dewan Kota di Provinsi DKI Jakarta mempunyai peran penting dalam pembangunan sosial kemasyarakatan di ibukota.

Dirinya meyakini, bila Dewan Kota seiring berjalan dengan program strategis yang dilaksanakan Pemerintah Daerah, Jakarta akan lebih maju lagi dan membahagiakan warganya.

“Seperti slogan Pak gubernur-nya,” ujar Kamrussamad saat diminta menjadi keynote speaker┬ádalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Kota dan Kabupaten se-DKI Jakarta di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (10/12).

Menurut dia, di Indonesia harus memiliki karakter yang menonjol di tiap daerah atau kota. Ini bisa diimplementasikan terlebih dahulu di wilayah kota di Jakarta. Tiap kota harus dicari ciri khas dan keunggulan wilayahnya.

“Misalnya, Jakarta Timur sebagai wilayah kota pusat industri, Jakarta Pusat sebagai pusat pemerintahan, Jakarta Selatan sebagai pusat kebudayaan, dan Kepulauan Seribu sebagai pusat pariwisata bahari,” sebut politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Untuk mewujudkan itu, sambung Kamrussamad, Dewan Kota harus menjadi instrumen penting dalam membangun Jakarta. Baik itu terkait dengan legalitas dan peran dan fungi Dewan Kota dalam kebijakan pembangunan di daerah.

“Saya sarankan Dewan Kota di Jakarta harus melakukan studi banding ke daerah-daerah yang secara kelambagaan sudah baik dan memiliki peran strategis dalam pengambilan kebijakan,” jelasnya.

loading...
  • Whatsapp