Dinas KPKP DKI Tenggalamkan 100 Rumpon di Pulau Seribu

  • Whatsapp

BPS.id – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menenggelamkan 100 unit rumpon (rumah ikan) di perairan Kepulauan Seribu.

Rumah ikan berbentuk beton kubus berongga ditenggelamkan di perairan tenggara Pulau Semak Daun, Kelurahan Pulau Panggang sebanyak 64 unit. Sedangkan di perairan barat Pulau Kelapa Dua, Kelurahan Pulau Kelapa sebanyak 36 unit.

“Ada 100 unit rumpon yang ditenggelamkan, program itu realisasi dari usulan nelayan dan untuk menunjang aktivitas nelayan tangkap di Kepulauan Seribu,” ungkap Muhammad Jufri, Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu, Selasa (10/12).

Dia mengatakan, pengadaan rumpon dapat menambah produksi ikan di perairan Kepulauan Seribu. Apalagi, rumpon yang telah ditumbuhi karang dapat menjadi objek wisata bahari utamanya wisata selam dan pancing

“Selain fungsi utamanya sebagai persinggahan ikan untuk berkembang biak, rumpon itu bisa juga menjadi objek wisata bahari seperti selam dan pancing,” tuturnya.

Namun begitu, Jufri meminta agar Dinas KPKP DKI Jakarta lebih gencar mensosialisasikan program pengadaan terlebih lokasi titik penenggelemannya, agar nelayan dapat lebih memanfaatkan rumpon itu.

“Programnya sudah baik, tapi kalau sosialisasinya gak ada, sama juga percuma. Nelayan sebagai pemanfaat harus mengetahui titik lokasinya,” kata Jufri.

loading...
  • Whatsapp