Iwan P Samosir : Kebersihan Harus jadi Kearifan Lokal Wilayah

  • Whatsapp

BPS.id – Sebagai wilayah kawasan strategis pariwisata, Kepulauan Seribu harus mempunyai nilai jual. Dan nilai yang paling utama adalah keindahan dan kebersihan wilayah.

Hal itu disampaikan, Iwan P Samosir, Asisten Perekoniman dan Pembangunan (Asekbang) Bupati Kepulauan Seribu saat melakukan giat kebersihan di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Senin (9/12).

“Soal kebersihan, saya harapkan menjadi kearifan lokal, warga tidak harus disuruh, misalnya sampah berada di tempat sebarangan itu haram, berarti itu kearifan lokal,” ungkap Iwan.

Dikatakannya, kepedulian terhadap kebersihan harus bergerak dari hati masyarakat. Pemerintah hanya pelengkap dan membantu. Paling tidak, tiga pemangku kepentingan yakni, masyarakat, pemerintah, dan lembaga usaha harus sama perannya. 

“Itu yang harus berlaku, karena yang kita jual adalah keindahan dan kebersihan,” tegas iwan.

Terkait dengan kondisi pulau padat penduduk, iwan mengatakan, sebenarnya kepadatan penduduk tidak menjadi halangan untuk dibenahi dan ditata agar wilayah menjadi indah dan bersih.

“Yang padatkan penduduknya, bila ditata dengan rapi, terutama gang, dan sampah ditempatkan pada tempatnya, saya yakin kepadatan penduduk bukan persoalan,” paparnya.

Peran para pemimpin wilayah di tingkat kelurahan sangat penting. Mereka harus turun ke masyarakat dan tidak segan terjun langsung memantau lapangan serta mengajak perangkat RT dan RW setempat.

“Bersama menghimbau warga untuk menjaga kebersihan, minimal mereka dapat membersihkan lingkungan rumah sendiri dan untuk sarana umum menjadi domain lurah menugaskan PPSU-nya,” tandasnya.

  • Whatsapp