Benahi Wilayah, Pulau Kelapa Penuh Warna

  • Whatsapp

BPS.id – Program beautifikasi (percantikan) wilayah direspon baik oleh jajaran pemerintah Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu. Setidaknya, pulau itu kini tampak indah penuh warna.

Tak lagi ada dinding kosong tanpa warna. Pagar, pendopo, dan tiang-tiang penyangga kanopi dicat dengan warna-warna cerah. Kawasanpun semakin asri dengan tanaman hijau yang lagi potnya berwarna.

Keindahan kawasan yang juga halaman muka kantor lurah semakin manis dengan sejumlah swafoto, seperti lampu berbentuk cinta, sebuah meriam si jagur yang gagah, dan miniatur perahu kole hasil karya warga.

“Tinggal niatnya aja, kalau mau pasti kita bisa,” ujar Madi M Dali, Lurah Pulau Kelapa ditemani Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Pulau Kelapa, Muslim, berbincang dengan beritapulauseribu.id, Senin (9/12).

Menurutnya, pembehan wilayah menjadi fokus kerjanya. Hal itu untuk merubah anggapan bila pulau padat penduduk sulit diperindah. “Kita lihat saja hasilnya, warga kami sangat mendukung. Bahkan, mereka ikut berpartisipasi,” katanya.

Untuk sementara, kata dia, pembenahan masih difokuskan di kawasan dermaga utama Pulau Kelapa. Kawasan itu dipercantik dengan berbagai gambar mural bertemakan alam laut. “Semuanya kreasi dari anggota PPSU, mereka total membantu program saya,” jelas Lurah.

Bukan hanya melakukan pengecatan saja, pihaknya juga menambah kawasan itu dengan berbagai tanaman hias yang adalah sumbangan dari warga. “Betul, itu sumbangan warga. Dikoordinir RT, warga menyumbang tanaman ke sini. Kita sangat bersyukur atas itu,” tuturnya.

Pembenahan wilayah ini, sambungnya, tidak akan berhenti dan akan terus dilakukan hingga merata di Pulau Kelapa. “Kita akan teruskan, bukan hanya di areal dekat kantor saya. Ditiap RW akan kita benahi, itu sudah kita mulai di wilayah RW 01,” sebut Lurah.

Dikatakannya, ada beberapa program yang juga bagian pembenahan wilayah di Pulau Kelapa, seperti dalam waktu dekat akan ditanam 100 bibit pohon kelapa jenis hibrida. “Lokasinya sudah ada, itu bantuan dari swasta,” tuturnya.

  • Whatsapp